Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Faktor yang Mempengaruhi dan Gangguan Sistem Pertahanan Tubuh Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA

Materi Faktor yang Mempengaruhi dan Gangguan Sistem Pertahanan Tubuh Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan selalu sehat ya., kebetulan sekarang ini masih dalam masa pademi virus covid 19, untuk itu adik adik diharapkan mengikuti protokol kesehatan yang disarankan pemerintah dengan cara menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan. kali ini kakak ingin memberikan Materi Faktor yang Mempengaruhi dan Gangguan Sistem Pertahanan Tubuh Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA. Semangat!!

Materi Faktor yang Mempengaruhi dan Gangguan Sistem Pertahanan Tubuh Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA
Materi Faktor yang Mempengaruhi dan Gangguan Sistem Pertahanan Tubuh Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA
Salam bahagia dan sehat selalu Biologi-friend (B-friend), tetap semangat dalam menimba ilmu. Bertemu lagi dengan pelajaran biologi yang seru. Kali ini modul yang akan kalian pelajari membahas tentang bagaimana tubuh kita membuat pertahanan  dari penyakit. 

Peserta didik yang cerdas, Pada  saat ini, sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik sangat penting dalam memerangi COVID-19. Dikutip dari CNN, Selasa (4/8/2020), sebuah artikel ilmiah baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Nature Reviews Immunology. Artikel ini mengemukakan kemungkinan yang cukup melegakan. Disebutkan bahwa sebagian besar dari populasi manusia tampaknya memiliki sel-sel kekebalan tubuh yang mampu mengenali bagian-bagian dari virus SARS-CoV-2. Kemungkinan sel-sel tersebut memberi kekuatan bagi tubuh untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus ini. Untuk mengetahui mengapa ini penting, maka kita juga perlu memahami apa itu sistem kekebalan tubuh dan manfaatnya bagi tubuh.B- fiend,  di dalam modul ini kita bisa tahu tentang bagaimana  pengertian Sistem Pertahanan Tubuh (sistem imunitas), Fungsi sistem pertahanan tubuh, mekanisme sistem pertahanan, Faktor yang mempengaruhi sistem pertahanan tubuh serta gangguan sistem pertahanan tubuh. 

Peserta didik yang cerdas, dalam modul Sistem pertahanan tubuh ini terdiri  dari dua kegiatan pembelajaran yang masing-masing memuat uraian materi yang disertai ilustrasi gambar, serta rangkuman materi. Terdapat pula soal-soal latihan yang dapat Kalian pelajari agar semakin menguasai kompetensi yang diinginkan. Selain itu disediakan juga refleksi dan evaluasi untuk mengukur apakah Kalian berhasil mencapai kompetensi yang diinginkan setelah belajar menggunakan modul ini. Untuk dapat menggunakan modul ini bacalah secara seksama dan cermat, kerjakan soal-soal latihan dan tugas mandiri sesuai petunjuk. Apabila nilai akhir Kalian  ≥ 75%  maka kalian telah berhasil menguasai materi sistem reproduksi pada manusia. Selamat belajar.  

Istilah
  • Antigen : Zat yang merangsang respons imunitas, terutama dalam menghasilkan antibodi.
  • Antibodi : Protein larut yang di hasilkan oleh sistim imunitas sebagai respon terhadap keberadaaan suatu anti gen dan akan bereaksi dengan anti gen tersebut. 
  • Fagositosit : Sel darah putih yang berfungsi sebagai pemakan patogen yang masuk kedalam tubuh manusia. 
  • Interferon : Protein anti virus yang dapat di sintesis sebagian besar sel tubuh sebagai respon terhadap infeksi virus setimulasi imunitas dan stimulasi kimia. 
  • Inflamasi : Reaksi lokal jaringan terhadap infeksi atau cedera. 
  • Vaksin : Patogen yang mati atau di lemahkan,atau toksin yang telang di ubah untuk merangsang respon imunitas tetapi tidak menyebabkan penyakit. 

A. Tujuan Pembelajaran 

B-Friend yang hebat, melalui kegiatan pembelajaran  kedua  ini,   diharapkan kalian mampu dan menjabarkan faktor yang mempengaruhi sistem pertahanan tubuh dan gangguan sistem pertahanan tubuh.  

B. Uraian Materi 

1. Faktor yang mempengaruhi Sistem Pertahanan Tubuh 

Kekebalan tubuh penting dijaga agar tubuh tetap sehat. B-Friend, sistem kekebalan tubuh yang kuat menjadi salah satu factor yang berperan mencegah seseorang terpapar virus, termasuk corona. Maka perlu kalian mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh ini. Mari kita bahas dalam modul ini. 
 
Faktor yang mempengaruhi

1. Genetik (keturunan) 
Seseorang yang memiliki riwayat penyakit menurun seperti diebetes mellitus akan beresiko menderita penyakit tersebut dalam hidupnya. 
 
2. Fisiologis 
Fungsi organ yang terganggu akan mempengaruhi kerja organ yang lain seperti berat badan yang berlebihan akan menyebabkan sirkulasi darah kurang lancar sehingga dapat meningkatkan kerentanan terhadap  penyakit.  

3. Stress 

dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh karena melepaskan hormon seperti neuroedokrin, glukokortikoid, dan katekolamin. Stres kronis dapat menurunkan jumlah sel darah putih dan berdampak buruk pada produksi antibodi. 
  
4. Usia 
dapat meningkatkan atau menurunkan kerentanan terhadap penyakit tertentu. Contohnya, bayi yang lahir secara prematur lebih rentan terhadap infeksi daripada bayi yang normal. 
Pada usia 45 tahun atau lebih, resiko  timbulnya penyakit kanker meningkat.  

5. Hormon 
bergantung pada jenis kelamin. Wanita memproduksi hormon estrogen. Sedangkan pria memproduksi hormon androgen yang bersifat memperkecil resiko penyakit autoimun, sehingga 
penyakit lebih sering dijumpai pada  wanita.  

6. Olahraga 
jika dilakukan secara teratur akan membantu meningkatkan aliran darah dan membersihkan tubuh dari racun. Namun, olahraga yang berlebihan meningkatkan kebutuhan suplai oksigen sehingga memicu timbulnya radikal bebas yang dapat merusak sel- sel tubuh. 

7. Tidur 
Kadar sitokinin yang sistem kerjanya sangat dipengaruhi oleh pola tidur seseorang ketika kadar hormone ini berubah-ubah dapat mempengaruhi imunitas selular sehingga kekebalan  tubuh akan melemah.  

8. Nutrisi 
seperti vitamin dan mineral diperlukan dalam pengaturan siistem imunitas. DHA (docosahexaeonic acid) dan asam arakidonat mempengaruhi maturasi (pematangan) sel T. Protein diperlukan dalam pembentukan imunoglobulin dan komplemen. Namun, kadar kolesterol yang tinggi dapat memperlambat proses penghancuran  bakteri oleh makrofag. 

9. Pajanan zat berbahaya  
contohnya bahan radioaktif, peptisida,  rokok, minuman beralkohol dan bahan pembersih kimia. Mengandung zat-zat yang dapat menurunkan imunitas. 

10. Racun tubuh
sisa metabolisme. Jika racun ini tidak  berhasil dikeluarkan dari tubuh, akan mengganggu kerja sistem imunitas. 

11. Penggunaan obat-obatan   
terutama penggunaan antibiotik yang berlebihan atau teratur, menyebabkan bakteri lebih resisten, sehingga ketika bakteri menyerang lagi maka sistem kekebalan tubuh akan gagal melawannya. 
 
 
2. Gangguan Sistem Pertahanan Tubuh 

B-Friend kita bahas pula di modul ini gangguan sitem pertahanan tubuh : 
  • Hipersensitivitas (Alergi), 

adalah peningkatan sensitivitas atau reaktivitas terhadap antigen yang pernah dipajankan sebelumnya. Terjadi pada beberapa orang saja dan tidak terlalu membahayakan tubuh. Gejala reaksi Alergi, yaitu  gatalgatal, ruam, mata merah, sulit bernafas, kram berlebihan, serum sicnes
dan steven Johnson synsrome (alergi pada kelenjar kulit dan mukosa yang berbahaya dan dapat menimbulkan kematian) 
  • Penyakit Autoimun, 

adalah kegagalan sistem imunitas untuk membadakan sel tubuh dengan sel inang sehingga sistem imunitas menyerang sel tubuh sendiri. Contoh kelainan yang terjadi akibat autoimunitas yaitu diabetes melitus, myasthenia gravis, dan addison’s disease.  
  • Imunodefisiensi, 

adalh kondisi menurunnya keefektifan sistem imunitas atau ketidakmampuan sistem imunitas untuk merespon antigen. Contoh: defisiensi imun kongenital dan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome)  

C. Rangkuman 

  1. Faktor yang mempengaruhi sistem pertahanan tubuh yaitu : Genetik (keturunan), Fisiologis, Stress, Usia, Hormon, Olahraga, Tidur, Nutrisi, Pajanan zat berbahaya, Racun tubuh, Penggunaan obat-obatan 
  2. Gangguan sistem pertahanan tubuh diantaranya yaitu Hipersensitivitas (Alergi), adalah peningkatan sensitivitas atau reaktivitas terhadap antigen yang pernah dipajankan sebelumnya. Penyakit Autoimun adalah kegagalan sistem imunitas untuk membadakan sel tubuh dengan sel inang sehingga sistem imunitas menyerang sel tubuh sendiri.  

D. Penugasan Mandiri  

Peserta didik  yang hebat, jawablah tugas mandiri di bawah ini agar kalian lebih memahami materi yang sedang di bahas : 
  1. Kekebalan tubuh penting dijaga agar tubuh tetap sehat, tuliskan faktor – faktor apakah yang mempengaruhi sistem pertahanan tubuh,  
  2. Apakah yang dimaksud dengan autoimunitas ? Tuliskan tiga contoh kelainan yang dapat terjadi akibat autoimunitas!  

E. Latihan Soal   

Pilihlahlah salah satu jawaban yang paling benar! 
 
1. Sistem pertahanan tubuh tidak dipengaruhi oleh faktor…. 
A. Usia                               
B. Stres 
C. Keturunan                     
D. Pekerjaan 
E. Nutrisi  
 
2. Mengonsumsi obat-obatan sembarangan dapat mengakibatkan reaksi alergi pada kulit dan kelenjar mukosa yang sangat berbahaya, bahkan dapat mengakibatkan kematian. Penyakit tersebut adalah…. 
A. Sindrom Down                     
B. Artritis rematiod 
C. Addison                                
D. Grave (hipertiroidism) 
E. Sindrom Stevens Johnson (SSJ) 
 
3. Gangguan sistem imunitas ditandai dengan melemahnya kekebalan tubuh sehingga menjadi rentan terhadap penyakit oportunistik. Hal tersebut dialami oleh penderita…. 
A. AIDS 
B. Malaria  
C. Anemia pernisiosa 
D. Diabetes mellitus 
E. Lupus  
 
4. Seorang siswa merasakan gatal-gatal dan pembengkakan pada kulitnya setelah mengkonsumsi seafood. Kemungkinan siswa tersebut mengalami… 
A. Hipersentivitas 
B. Inflamasi 
C. Imunodefisiensi 
D. Autoimun 
E. Defisiensi imun kongenital 
 
5. HIV sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian karena .... 
A. Dapat merusak jaringan tubuh 
B. Menyerang sel-sel limfosit 
C. Dapat ditularkan melalui kontak cairan tubuh 
D. Menurunkan kekebalan tubuh sehingga memudahkan infeksi penyakit lain 
E.  Merusak antibodi tubuh  
 

Jawaban dan Pembahasan Soal Latihan 

1. D
Faktor yang mempengaruhi sistem pertahanan tubuh yaitu : Genetik (keturunan), Fisiologis, Stress, Usia, Hormon, Olahraga, Tidur, Nutrisi, Pajanan zat berbahaya, 
Racun tubuh, Penggunaan obat-obatan 
 
2. E
Hipersensitivitas (Alergi), adalah peningkatan sensitivitas atau reaktivitas terhadap antigen . Gejala reaksi Alergi, yaitu  gatal-gatal, ruam, mata merah, sulit bernafas, kram berlebihan, serum sicnes dan steven Johnson synsrome (alergi pada kelenjar kulit dan mukosa yang berbahaya 
dan  dapat menimbulkan kematian) 
 
3. A
Imunodefisiensi, adalh kondisi menurunnya keefektifan sistem imunitas atau ketidakmampuan sistem imunitas untuk merespon antigen. Contoh: defisiensi imun kongenital dan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome)  
 
4. A
Hipersensitivitas (Alergi), adalah peningkatan sensitivitas atau reaktivitas terhadap antigen . Gejala reaksi Alergi, yaitu  gatal-gatal, ruam, mata merah, sulit bernafas 
 
5.
Imunodefisiensi, adalh kondisi menurunnya keefektifan sistem imunitas atau ketidakmampuan sistem imunitas untuk merespon antigen. Contoh: defisiensi imun kongenital dan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) 
 

F. Penilaian Diri   

Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Faktor yang Mempengaruhi dan Gangguan Sistem Pertahanan Tubuh Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Faktor yang Mempengaruhi dan Gangguan Sistem Pertahanan Tubuh File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • faktor yang mempengaruhi sistem pertahanan tubuh brainly
    • gangguan pada sistem pertahanan tubuh
    • perbedaan alergi dan autoimun
    • komponen paling ringkas yang membentuk sistem imun
    • tuliskan faktor faktor apakah yang mempengaruhi sistem pertahanan tubuh
    • jelaskan usaha usaha untuk meningkatkan kekebalan tubuh
    • antibodi menyerang tubuhnya sendiri
    • faktor faktor apakah yang dapat menurunkan kekebalan tubuh brainly