Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Aktivitas Keterampilan Gerak Atletik Nomor Jalan Cepat Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA

Materi Aktivitas Keterampilan Gerak Atletik Nomor Jalan Cepat Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik dimana saja berada. Pada kesempatan yang baik ini masih bersama kakak bospedia yang tidak bosan bosannya untuk membagikan kepada adik adik mengenai berbagai macam materi, nah kali ini kakak menyiapkan materi untuk adik adik kelas XI SMA/MA tentang mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan tentang pembahasan Menganalisis Dan Mempraktikkan Ketrampilan Banag Olahraga Atletik Nomor Jalan Cepat Melalui Aktivitas Keterampilan Gerak Nomor Jalan Cepat. Semoga dengan ada materi ini bisa membantu adik adik. Semangat!!

Materi Aktivitas Keterampilan Gerak Atletik Nomor Jalan Cepat Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA
Materi Aktivitas Keterampilan Gerak Atletik Nomor Jalan Cepat Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA

Para peserta didik yang hebat, jumpa lagi dengan modul pembelajaran PJOK. Pada modul kali ini kalian akan mempelajari materi-materi yang terdapat dalam KD.3.3 yakni menganalisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif serta menyusun rencana perbaikan.  

Setelah mempelajari modul ini diharapkan peserta didik dapat lebih meningkatkan ketrampilan gerak terutama dalam hal ini adalah ketrampilan gerak jalan,lari,lompat dan lempar dimana ketrampilan gerak tersebut merupakan ketrampilan gerak yang sangat dibutuhkan dalam aktifitas kehidupan sehari-hari 

Pengertian Jalan Cepat

Jalan cepat adalah bergerak kedepan tanpa hubungan terputus dengan tanah. Setiap melangkah, kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Saat melangkah satu kaki harus berada di tanah, maka kaki tersebut harus lurus dan lutut tidak bengkok dan tumpuan kaki dalam keadaan posisi tegak lurus.

Dalam jalan cepat, nomor-nomor yang diperlombakan adalah sebagai berikut:
Putra = 20 dan 50 km
Putri  = 10 dan 10 km

Teknik Jalan Cepat

Jalan cepat merupakan salah satu nomor dalam cabang atletik dan resmi diperlombakan dalam kejuaraan-kejuaraan atletik, baik secara nasional maupun internasional. Teknik pelaksanaan jalan cepat dapat dirinci sebagai berikut:

1. Start

Startnya menggunakan start berdiri, karena start dalam jalan cepat tidak mempunyai pengaruh yang berarti, maka tidak perlu ada teknik khusus yang perlu dipelajari atau dilatih.

Sikap start yang lazim digunakan ada pada aba-aba "Bersedia" peserta menempatkan kaki kiri di belakang garis start, sedang kaki kanan di samping belakang kaki kiri, dengan badan agak condong ke depan dan kedua lengan rileks.

Pada aba-aba "Ya" atau bunyi tembakan pistol, segera melangkahkan kaki kanan ke depan, disusul kaki kiri dan terus berjalan.

2. Langkah

Langkah dimulai dengan gerakan mengangkat paha kaki ayun ke depan lutut, terlihat tungkai bawah bergantung lemas, karena ayunan paha ke depan, tungkai bawah ikut terayun ke depan, menyebabkan lutut menjadi lurus.

Kemudian menapak pada tumit terlebih dahulu menyentuh tanah, bersamaan dengan mengangkat tumit, selanjutnya ujung kaki tumpu lepas dari tanah, ganti dengan kaki ayun. Begitu seterusnya selalu ada kaki yang menumpu, jadi tidak ada saat melayang.

3. Condong Badan

Mulai dari kepala, punggung/dada, pinggang sampai tungkai bawah sedikit condong ke depan.

4. Ayunan Lengan

Siku ditekuk kurang lebih 90 derajat, ayunan lengan kiri ke depan bersamaan dengan mengangkat paha dan kaki kanan, sehingga koordinasinya adalah lengan kiri bersamaan dengan kaki kanan, dan lengan kanan bersamaan dengan kaki kiri.

5. Finish

Tidak ada teknik khusus gerakan masuk finish dalam jalan cepat. Biasanya jalan terus sampai melewati garis finish, baru dikendorkan kecepatannya setelah melewati kira-kira 3-5 meter.

Untuk memperoleh langkah-langkah yang benar, maka pemindahan badan dan kaki satu ke kaki yang lain harus nampak jelas, ini kelihatan pada gerak panggul. Gerakan ini perlu dilatih agar terbiasa melakukan teknik jalan cepat yang benar.

Jadi, sikap dan gerakan jalan cepat adalah badan dalam posisi tegak, pandangan lurus ke depan, siku ditekuk, tangan kepalkan dengan rileks.

Karakteristik Jalan Cepat

Secara umum karakteristik gerak dasar jalan cepat tidak terlalu berbeda dengan karakteristik gerak dasar jalan biasa hanya pada beberapa gerakan tertentu gerak dasar jalan cepat lebih kompleks. Adapun karaktersitik gerak dasar jalan cepat adalah sebagai berikut:
  • Angkat paha kaki ayun ke depan lutut.
  • Tungkai bawah bergantung rileks sambil mengayun paha ke depan.
  • Tungkai bawah ikut terayun ke depan sehingga lutut menjadi lurus.
  • Saat mendaratkan kaki ke tanah terlebih dahulu harus tumit kaki.
  • Bersamaan dengan mengangkat tumit, ujung kaki tumpu lepas dari tanah ganti dengan kaki ayun.
  • Posisi badan saat melangkah dengan posisi kepala, punggung, dada, pinggang, hingga tungkai bawah sedikit condong ke depan. 
  • Sikut dilipat 90 derajat, ayunan lengan kiri ke depan bersamaan dengan mengangkat paha dan kaki kanan.
  • Koordinasi gerakan dilakukan antara lengan kiri bersamaan dengan kaki kanan dan lengan kanan bersamaan dengan kaki kaki kiri jalan cepat.
Kesalahan yang mungkin terjadi saat melakukan gerak dasar jalan cepat adalah sebagai berikut:
Saat melangkah tungkai bawah tidak rileks dan berada dalam posisi lurus.
Kaki melangkah dengan menggunakan seluruh telapak kaki dan menolak dengan ujung kaki. 
Ayunan lengan terlalu lurus dan kaku.

Fase / Tahapan Jalan Cepat

Adapun tahapan atau fase dalam olahraga jalan cepat adalah sebagai berikut:
  • Fase tumpuan dua kaki, fase ini terjadi sangat singkat. Pada saat kedua kaki menyentuh tanah, pada saat itu pula berakhir dorongan yang diikuti oleh gerakan tarikan. Tarikan ini lebih lama dan menyebabkan gerakan berlawanan antara bahu dan pinggul.
  • Fase tarikan, fase ini dimulai setelah gerakan terdahulu selesai. Gerakan ini dilakukan oleh kaki depan akibat kerja tumit dan koordinasi seluruh bagian badan. Gerakan ini selesai apabila badan berada di atas kaki penopang.
  • Fase relaksasi, fase ini berada antara selesainya fase tarikan dan awal dari fase dorongan kaki. Pinggang ada pada bidang yang sama dengan bahu. Lengan vertikal dan paralel di samping badan.
  • Fase dorongan, fase ini dilakukan apabila fase terdahulu selesai dan bila titik pusat grativasi badan mengambil alih kaki tumpu.
Peraturan Jalan Cepat

Adapun pokok peraturan jalan cepat adalah sebagai berikut:
1. Pada waktu melangkah, salah satu kaki harus selalu tetap kontak dengan tanah.
2. Diskualifikasi (larangan melanjutkan perlombaan), disebabkan oleh:
  • Gagal / tidak memenuhi definisi jalan cepat pada waktu perlombaan.
  • Melakukan pelanggaran pada saat perlombaan berlangsung.
  • Pada saat lomba jalan cepat yang dilaksanakan di track (lintasan) peserta terkena diskualifikasi harus meninggalkan lintasan. Jika perlombaan jalan cepat dilaksanakan di jalan raya peserta yang kena diskualifikasi harus mencopot nomor di dadanya dan segera keluar meninggalkan perlombaan. 
Istilah
  • Jalan  : Sewaktu kita melakukan jalan, badan kita tidak ada saat melayang di udara 
  • Lari : Sewaktu kita melakukan lari, badan kita ada saat melayang di udara. 
  • Footwork Gerak kaki/langkah kaki 
  • Fase : Tahapan 
  • Gravitasi : Suatu tarikan gaya yang dihasilkan oleh inti bumi, 
  • Lentuk Togok : Lentuk togok adalah gerakan dalam olahraga yang mengarahkan badan atau anggota tubuh lainnya ke depan atau kemuka. tujuannya agar lebih terarah. 
  • Fase tumpuan dua kaki : Terjadi pada suatu saat yang sangat pendek pada saat kedua kaki berada/ menyentuh tanah 
  • Fase tarikan : Gerak tarikan mulai. Ini dilakukan oleh kaki depan akibat dari kerja tumit dan inersia dari titik gravitasi badan 
  • Fase relaksasi : Adalah fase tengah antara selesainya fase tarikan dan awal dari fase dorongan kaki 
  • Fase dorongan : Bila titik pusat gravitasi badan mengambil alih kaki tumpu, kaki yang baru saja menyelesaikan gerak tarikan mulai mengambil alih gerak dorongan 

A. Tujuan Pembelajaran 

Halo para pencari ilmu, dalam kegiatan pembelajaran dua ini kalian akan melakukan aktivitas pembelajaran lanjutan dari kegiatan pembelajaran satu. Pada kegiatan pembelajaran dua ini kalian akan diberikan penguatan dalam kemampuan berpikir kritis, rasa ingin tahu,  dan kebijakan berpikir kalian akan terlatih. Setelah kegiatan pembelajaran dua ini diharapkan: 
  1. Kalian mampu menganalisis dan mempraktikkan ketrampilan cabang olahraga atletik nomor jalan cepat melalui aktivitas keterampilan gerak nomor jalan cepat dengan baik dan benar. 
  2. Kalian mampu mempraktikkan tahapan latihan nomor jalan cepat dengan baik dan benar. 

B. Uraian Materi 

1. Analisis Aktifitas Olahraga Jalan Cepat  

Pengertian jalan cepat adalah gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah. Setiap kali melangkah kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Atau dalam periode satu langkah di mana satu kaki harus berada di tanah, maka kaki itu harus diluruskan (tidak bengkok pada lutut) dan kaki menumpu dalam posisi tegak lurus atau vetikal. 

a. Perbedaan Jalan dan Lari 

Jalan adalah sewaktu kita melakukan jalan, badan kita tidak ada saat melayang di udara sedangan lari adalah sewaktu kita melakukan lari, badan kita ada saat melayang di udara. 

b. Yang harus diperhatikan dalam jalan/jalan cepat sebagai berikut : 
  1. Perhatikan togok Saat bergerak maju badannya cenderung lebih condong ke depan atau ke belakang oleh karenanya untuk mempertahankan badan tetap tegak dan pundak jangan terangkat pada waktu lengan mengayun yang berakibat anggota badan bagian atas terasa cepat lelah.  
  2. Posisi kepala Saat gerakan maju seorang pejalan cepat sebagian besar menggelengkan kepalanya ke kiri dan ke kanan. Namun gerakan tersebut hendaknya tidak mengganggu lajunya gerak jalan tersebut.  
  3. Kaki waktu melangkah kaki melangkah lurus ke depan satu garis dengan garis khayal dari badan si pejalan/garis khayal di antara kedua ujung kaki (jari-jari) segaris, tidak ke luar atau ke dalam. Pada saat menumpu tumit harus mendarat lebih dahulu terus bergerak ke arah depan secara teratur.  
  4. Gerakan lengan dan bahu Gerakan lengan mengayun dari muka ke belakang dan siku ditekuk tidak kurang dari sembilan puluh derajat kondisi ini dipertahankan dengan tidak mengganggu keseimbangan serta mengayun rileks. 
Gambar 4: Gerak Langkah Jalan Cepat 
Sumber : Buku Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Edisi revisi 2017 
 
2. Analisis Ketrampilan Gerak Jalan Cepat 

Para peserta didik sekalian, setelah kalian mengetahui karakteristik dan tahapan gerak nomor jalan cepat. nah, sekarang kalian akan mempelajari dan mempraktikkan keterampilan gerak dari nomor lari jalan cepat dengan aktivitas gerak pembelajaran yang tepat 

a. Melakukan teknik jalan cepat 

berikut tahap-tahap keterampilan teknik yang digunakan pada jalan cepat : 
 
Gambar 5: Fase langkah dalam jalan cepat 

Sumber : maolioka.com 
 
  1. Fase tumpuan dua kaki Ini terjadi pada suatu saat yang sangat pendek pada saat kedua kaki berada/ menyentuh tanah, pada saat akhir fase dorong bersama dengan awal fase tarikan. Fase tarikan ini lebih lama dan menyebabkan gerakan pilin/ berlawanan antara bahu dan pinggul. Kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan fase tumpuan dua kaki jalan cepat adalah sikap badan kaku, langkah kaki/ footwork yang kurang pas, tergesa-gesa, lutut nekuk, masih terlihat lari/ada saat melayang di udara, kaki/badan kurang rileks dan seimbang, dan tidak diikuti gerak lanjut. 
  2. Fase Tarikan Segera setelah fase terdahulu selesai, gerak tarikan mulai. Ini dilakukan oleh kaki depan akibat dari kerja tumit dan inersia dari titik gravitasi badan. Fase ini selesai apabila badan ada di atas kaki penopang. Kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan fase tarikan jalan cepat adalah sikap badan kaku , langkah kaki/footwork yang kurang pas, tergesa-gesa, langkah kecil-kecil, masih terlihat lari, kaki/badan kurang rileks dan seimbang, dan tidak diikuti gerak lanjut. 
  3. Fase Relaksasi Ini adalah fase tengah antara selesainya fase tarikan dan awal dari fase dorongan kaki. Pinggang ada pada bidang yang sama dengan bahu sedang lengan adalah vertikal dan paralel di samping badan. Kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan fase relaksasi jalan cepat adalah sikap badan kaku, langkah kaki/footwork yang kurang pas, tergesagesa, masih terlihat lari, kaki/badan kurang rileks dan seimbang, dan tidak diikuti gerak lanjut.  
  4. Fase Dorongan Bila fase terdahulu selesai dan bila titik pusat gravitasi badan mengambil alih kaki tumpu, kaki yang baru saja menyelesaikan gerak tarikan mulai mengambil alih gerak dorongan, sedang kaki yang lain bergerak maju dan mulai diluruskan, ada jangkauan gerak yang lebar dalam mana pinggang berada pada sisi yang sama, maju searah, memungkinkan fleksibilitas yang besar, dan memberi kaki dorong waktu yang lebih lama bekerja dengan meluruskan pergelangan kaki, dan lengan melakukan fungsi pengimbangan secara diametris berlawanan dengan kaki. Kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan jalan cepat adalah sikap badan kaku, footwork lambat, ada saat melayang di udara, kontak dengan tanah tidak terpelihara, dan tidak ada gerak lanjutannya. Perhatikanlah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dan lakukanlah keterampilan yang sesuai dengan tujuan dari jalan cepat tersebut. 
    Gambar 6 : gerak tumpuan, terikan, relaksasi, dan dorongan kaki. 
Sumber : Buku Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Edisi revisi 2017 

b. Aktivitas pembelajaran gerakan jalan cepat 

Coba kalian lakukan aktivitas belajar keterampilan jalan cepat melalui aktivitas sebagai berikut: 

(1) Aktivitas pembelajaran latihan pertama : Belajar Natural/Alami  
  • Mengenal peraturan dan suatu model teknis kasar. 
  • Berjalan dengan tempo semakin meningkat, jangan berubah menjadi berlari, 
  • Melangkah dengan nyaman dan berjalan tinggi dengan suatu irama yang halus minimal 100 m. 
  • Susunlah rencana perbaikan dari aktivitas yang baru saja dilakukan baik sendiri, bersama teman atau guru untuk perbaikan aktivitas gerakan yang akan datang sesuai ketentuan gerakan yang ada. 
  • Tujuan : untuk memperkenalkan gerak berjalan. 
 
(2) Aktivitas pembelajaran latihan kedua : Lomba Jalan Cepat.  
  • Seperti pada latihan 1, tetapi dorongan lebih besar dari kaki belakang, meregangkan pinggang dan kaki ke depan pada tiap langkah 
  • Pertahankan kontak dan lutut lurus, mendarat dengan jari-jari kaki menunjuk ke atas. 
  • Susunlah rencana perbaikan dari aktivitas yang baru saja dilakukan baik sendiri, bersama teman atau guru untuk perbaikan aktivitas gerakan yang akan datang sesuai ketentuan gerakan yang ada.  
  • Tujuan : untuk mengembangkan dorongan kaki belakang yang lebih kuat dan menambah panjang langkah. 
(3) Aktivitas pembelajaran latihan ketiga : Berjalan Di Atas Garis  
  • Seperti latihan 2, namun berjalan di atas garis sehingga setiap langkah adalah pada garis.  
  • Melangkah menyilang garis (menyebakan pemindahan berat ke atas pinggang penopang setelah kehilangan kontak dengan tanah).  
  • Susunlah rencana perbaikan dari aktivitas yang baru saja dilakukan baik sendiri, bersama teman atau guru untuk perbaikan aktivitas gerakan yang akan datang sesuai ketentuan gerakan yang ada.  
  • Tujuan : untuk mengembangkan gerak rotasi pinggang yang sempurna. 
Gambar 7 : gerak berajalan diatas garis lurus. 
Sumber : Penjaskes.co.id  

C. Rangkuman 

Pengertian jalan cepat adalah gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah. Setiap kali melangkah kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. 

Atau dalam periode satu langkah di mana satu kaki harus berada di tanah, maka kaki itu harus diluruskan (tidak bengkok pada lutut) dan kaki menumpu dalam posisi tegak lurus atau vetikal. Bedanya kalau jalan yaitu sewaktu kita melakukan jalan, badan kita tidak ada saat melayang di udara, sedangkan saat lari, badan kita ada saat melayang di udara. 

D. Penugasan Mandiri  

Anak-anakku yang hebat untuk mengetahui kemampuan kalian sejauh mana dalam penguasaan materi menganalisis dan mempraktikkan tahapan gerak dalam nomor jalan cepat berikut : 
  1. lakukanlah gerak berjalan bolak – balik diatas garis lurus yang disiapkan terebih dahulu sejauh 20 meter. 
  2. setiap peserta didik melakukan sebanyak 1 kali.  
  3. komponen yang dinilai sebagai berikut : 
    • teknik jalan (lurus diatas garis atau tidak seimbang) 
    • ayunan lengan  
    • waktu tempuh  
Alat : kertas, alat tulis 
Tempat : kelas/rumah masing – masing 
 
1. Rubrik penilaian keterampilan project poster : 

Kriteria penilaian: 
1 = kurang terampil 
2 = cukup terampil 
3 = terampil 
4 = lebih terampil 
 
Jumlah skor yang diperoleh 
Penilaian keterampilan     =   ----------------------------------   X  100 
Jumlah skor maksimal 
 

E. Latihan Soal 2 

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat! 

1. Gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah disebut…. 
a. Lari 
b. Jalan cepat 
c. Sprint 
d. Marathon 
e. Lari lintas alam  

2. Berikut ini yang bukan termasuk dalam tahapan tahapan dalam ketrampilan gerak jalan cepat adalah fase …. 
a. Dorongan 
b. Tumpuan dua kaki 
c. Tarikan  
d. Melayang 
e. Menolak 

3. Berikut ini adalah bukan hal hal yang harus diperhatikan dalam ketrampilan gerak jalan cepat…. 
a. Posisi kepala 
b. Perhatikan togok 
c. Gerakan lengan dan bahu 
d. Gerakan telapak tangan 
e. Posisi bahu 

4. Jalan , lari, lompat dan lempar merupakan bagian dari olahraga…. 
a. Permainan 
b. Senam Ketangkasan 
c. Linas alam 
d. Atletik 
e. Beladiri 

5. Siklus ketrampilan gerak jalan cepat yang benar adalah…. 
a. Topang depan – topang belakang – topang ganda – relaksasi 
b. Topang belakang – topang ganda – topang depan – relaksasi 
c. Topang ganda – tarikan kaki – relaksasi  – dorongan kaki 
d. Tarikan kaki – relaksasi – topang belakang – topang ganda 
e. Topang belakang – dorongan kaki – topang ganda – relaksasi 
 
Cocokkanlah jawaban kalian dengan Kunci Jawaban yang terdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan kalian terhadap materi belajar ini. 

Jawaban : 
1. b 
2. d 
3. d 
4. c 
5. c 

b. Soal Uraian 
1. Jelaskan perbedaan Lari dan Jalan? 
2. Apa yang dimaksud dengan fase tarikan dalam  jalan cepat? 
3. Jelaskan tahapan ayunan lengan dalam gerak lari jalan cepat ! 
4. Apa saja kesalahan yang seringkali terjadi pada fase tarikan dalam jalan cepat? 
5. Apa yang dimaksud dengan jalan cepat ? 

Kunci Jawaban
1. Jalan adalah sewaktu kita melakukan jalan, badan kita tidak ada saat melayang di udara sedangan lari adalah sewaktu kita melakukan lari, badan kita ada saat melayang di udara. 
2. fase terdahulu selesai, gerak tarikan mulai. Ini dilakukan oleh kaki depan akibat dari kerja tumit dan inersia dari titik gravitasi badan. Fase ini selesai apabila badan ada di atas kaki penopang. 
3. Siku di tekuk dengan  kurang lebih dari  90 derajat, ayunan lengan kiri mengarah  ke depan bersamaan dengan mengangkat paha dan juga  kaki kanan, sehingga koordinasinya merupakan  lengan kiri bersamaan dengan kaki kanan, dan juga lengan kanan yang  bersamaan dengan kaki kiri. 
4. Sikap badan kaku , langkah kaki/footwork yang kurang pas, tergesa-gesa, langkah kecil-kecil, masih terlihat lari, kaki/badan kurang rileks dan seimbang, dan tidak diikuti gerak lanjut 
5. Bergerak kedepan tanpa hubungan yang  terputus dengan tanah 

F. Penilaian Diri 

1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti 
2. berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari 



Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Aktivitas Keterampilan Gerak Atletik Nomor Jalan Cepat Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Aktivitas Keterampilan Gerak Atletik Nomor Jalan Cepat File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • perbedaan jalan cepat dengan lari
      • tahapan jalan cepat
      • langkah-langkah jalan cepat
      • tahapan jalan cepat, yaitu fase
      • teknik jalan cepat
      • sebutkan tahapan teknik jalan cepat ?
      • ciri-ciri jalan cepat
      • pengertian jalan cepat
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022