ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Karakteristik Dan Tahapan Atletik Nomor Jalan Cepat Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA

Materi Karakteristik Dan Tahapan Atletik Nomor Jalan Cepat Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, kebetulan pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang mungkin akan dibutuhkan adik adik, materi ini kakak ambil dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan tentang pembahasan Menganalisis Dan Mempraktikkan Ketrampilan Banag Olahraga Atletik Nomor Jalan Cepat Melalui Karakteristik Dan Tahapan Gerak  Nomor Jalan Cepat. Semoga dengan adanya materi ini bisa membantu adik adik. Tetap semangat yah.

Materi Karakteristik Dan Tahapan Atletik Nomor Jalan Cepat Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA
Materi Karakteristik Dan Tahapan Atletik Nomor Jalan Cepat Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA
Para peserta didik yang hebat, jumpa lagi dengan modul pembelajaran PJOK. Pada modul kali ini kalian akan mempelajari materi-materi yang terdapat dalam KD.3.3 yakni menganalisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif serta menyusun rencana perbaikan.  

Setelah mempelajari modul ini diharapkan peserta didik dapat lebih meningkatkan ketrampilan gerak terutama dalam hal ini adalah ketrampilan gerak jalan,lari,lompat dan lempar dimana ketrampilan gerak tersebut merupakan ketrampilan gerak yang sangat dibutuhkan dalam aktifitas kehidupan sehari-hari 

Pengertian Jalan Cepat

Jalan cepat adalah bergerak kedepan tanpa hubungan terputus dengan tanah. Setiap melangkah, kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Saat melangkah satu kaki harus berada di tanah, maka kaki tersebut harus lurus dan lutut tidak bengkok dan tumpuan kaki dalam keadaan posisi tegak lurus.
Dalam jalan cepat, nomor-nomor yang diperlombakan adalah sebagai berikut:
Putra = 20 dan 50 km
Putri  = 10 dan 10 km

Teknik Jalan Cepat

Jalan cepat merupakan salah satu nomor dalam cabang atletik dan resmi diperlombakan dalam kejuaraan-kejuaraan atletik, baik secara nasional maupun internasional. Teknik pelaksanaan jalan cepat dapat dirinci sebagai berikut:

1. Start

Startnya menggunakan start berdiri, karena start dalam jalan cepat tidak mempunyai pengaruh yang berarti, maka tidak perlu ada teknik khusus yang perlu dipelajari atau dilatih.

Sikap start yang lazim digunakan ada pada aba-aba "Bersedia" peserta menempatkan kaki kiri di belakang garis start, sedang kaki kanan di samping belakang kaki kiri, dengan badan agak condong ke depan dan kedua lengan rileks.

Pada aba-aba "Ya" atau bunyi tembakan pistol, segera melangkahkan kaki kanan ke depan, disusul kaki kiri dan terus berjalan.

2. Langkah

Langkah dimulai dengan gerakan mengangkat paha kaki ayun ke depan lutut, terlihat tungkai bawah bergantung lemas, karena ayunan paha ke depan, tungkai bawah ikut terayun ke depan, menyebabkan lutut menjadi lurus.

Baca juga - Soal Pencak Silat

Kemudian menapak pada tumit terlebih dahulu menyentuh tanah, bersamaan dengan mengangkat tumit, selanjutnya ujung kaki tumpu lepas dari tanah, ganti dengan kaki ayun. Begitu seterusnya selalu ada kaki yang menumpu, jadi tidak ada saat melayang.

3. Condong Badan

Mulai dari kepala, punggung/dada, pinggang sampai tungkai bawah sedikit condong ke depan.

4. Ayunan Lengan

Siku ditekuk kurang lebih 90 derajat, ayunan lengan kiri ke depan bersamaan dengan mengangkat paha dan kaki kanan, sehingga koordinasinya adalah lengan kiri bersamaan dengan kaki kanan, dan lengan kanan bersamaan dengan kaki kiri.

5. Finish

Tidak ada teknik khusus gerakan masuk finish dalam jalan cepat. Biasanya jalan terus sampai melewati garis finish, baru dikendorkan kecepatannya setelah melewati kira-kira 3-5 meter.

Untuk memperoleh langkah-langkah yang benar, maka pemindahan badan dan kaki satu ke kaki yang lain harus nampak jelas, ini kelihatan pada gerak panggul. Gerakan ini perlu dilatih agar terbiasa melakukan teknik jalan cepat yang benar.

Jadi, sikap dan gerakan jalan cepat adalah badan dalam posisi tegak, pandangan lurus ke depan, siku ditekuk, tangan kepalkan dengan rileks.

Karakteristik Jalan Cepat

Secara umum karakteristik gerak dasar jalan cepat tidak terlalu berbeda dengan karakteristik gerak dasar jalan biasa hanya pada beberapa gerakan tertentu gerak dasar jalan cepat lebih kompleks. Adapun karaktersitik gerak dasar jalan cepat adalah sebagai berikut:
  • Angkat paha kaki ayun ke depan lutut.
  • Tungkai bawah bergantung rileks sambil mengayun paha ke depan.
  • Tungkai bawah ikut terayun ke depan sehingga lutut menjadi lurus.
  • Saat mendaratkan kaki ke tanah terlebih dahulu harus tumit kaki.
  • Bersamaan dengan mengangkat tumit, ujung kaki tumpu lepas dari tanah ganti dengan kaki ayun.
  • Posisi badan saat melangkah dengan posisi kepala, punggung, dada, pinggang, hingga tungkai bawah sedikit condong ke depan. 
  • Sikut dilipat 90 derajat, ayunan lengan kiri ke depan bersamaan dengan mengangkat paha dan kaki kanan.
  • Koordinasi gerakan dilakukan antara lengan kiri bersamaan dengan kaki kanan dan lengan kanan bersamaan dengan kaki kaki kiri jalan cepat.
Kesalahan yang mungkin terjadi saat melakukan gerak dasar jalan cepat adalah sebagai berikut:
Saat melangkah tungkai bawah tidak rileks dan berada dalam posisi lurus.
Kaki melangkah dengan menggunakan seluruh telapak kaki dan menolak dengan ujung kaki. 
Ayunan lengan terlalu lurus dan kaku.

Fase / Tahapan Jalan Cepat

Adapun tahapan atau fase dalam olahraga jalan cepat adalah sebagai berikut:
  • Fase tumpuan dua kaki, fase ini terjadi sangat singkat. Pada saat kedua kaki menyentuh tanah, pada saat itu pula berakhir dorongan yang diikuti oleh gerakan tarikan. Tarikan ini lebih lama dan menyebabkan gerakan berlawanan antara bahu dan pinggul.
  • Fase tarikan, fase ini dimulai setelah gerakan terdahulu selesai. Gerakan ini dilakukan oleh kaki depan akibat kerja tumit dan koordinasi seluruh bagian badan. Gerakan ini selesai apabila badan berada di atas kaki penopang.
  • Fase relaksasi, fase ini berada antara selesainya fase tarikan dan awal dari fase dorongan kaki. Pinggang ada pada bidang yang sama dengan bahu. Lengan vertikal dan paralel di samping badan.
  • Fase dorongan, fase ini dilakukan apabila fase terdahulu selesai dan bila titik pusat grativasi badan mengambil alih kaki tumpu.
Peraturan Jalan Cepat

Adapun pokok peraturan jalan cepat adalah sebagai berikut:
1. Pada waktu melangkah, salah satu kaki harus selalu tetap kontak dengan tanah.
2. Diskualifikasi (larangan melanjutkan perlombaan), disebabkan oleh:
  • Gagal / tidak memenuhi definisi jalan cepat pada waktu perlombaan.
  • Melakukan pelanggaran pada saat perlombaan berlangsung.
  • Pada saat lomba jalan cepat yang dilaksanakan di track (lintasan) peserta terkena diskualifikasi harus meninggalkan lintasan. Jika perlombaan jalan cepat dilaksanakan di jalan raya peserta yang kena diskualifikasi harus mencopot nomor di dadanya dan segera keluar meninggalkan perlombaan. 
Istilah
  • Jalan  : Sewaktu kita melakukan jalan, badan kita tidak ada saat melayang di udara 
  • Lari : Sewaktu kita melakukan lari, badan kita ada saat melayang di udara. 
  • Footwork Gerak kaki/langkah kaki 
  • Fase : Tahapan 
  • Gravitasi : Suatu tarikan gaya yang dihasilkan oleh inti bumi, 
  • Lentuk Togok : Lentuk togok adalah gerakan dalam olahraga yang mengarahkan badan atau anggota tubuh lainnya ke depan atau kemuka. tujuannya agar lebih terarah. 
  • Fase tumpuan dua kaki : Terjadi pada suatu saat yang sangat pendek pada saat kedua kaki berada/ menyentuh tanah 
  • Fase tarikan : Gerak tarikan mulai. Ini dilakukan oleh kaki depan akibat dari kerja tumit dan inersia dari titik gravitasi badan 
  • Fase relaksasi : Adalah fase tengah antara selesainya fase tarikan dan awal dari fase dorongan kaki 
  • Fase dorongan : Bila titik pusat gravitasi badan mengambil alih kaki tumpu, kaki yang baru saja menyelesaikan gerak tarikan mulai mengambil alih gerak dorongan 

A. Tujuan Pembelajaran 

Halo para pencari ilmu, dalam kegiatan pembelajaran ini kalian akan melakukan aktivitas pembelajaran yang akan melatih kalian berpikir kritis dan menambah wawasan pengetahuan kalian. Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan: 
  1. menganalisis dan mempraktikkan ketrampilan banag olahraga atletik nomor jalan cepat melalui karakteristik dan tahapan gerak  nomor jalan cepat dengan baik dan benar. 
  2. Kalian mampu menganalisis kesalahan yang terjadi dalam tahapan gerak jalan cepat. 

B. Uraian Materi 

1. Karakteristik Salam sehat. 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah materi tentang jalan cepat yang akan meliputi pengertian jalan cepat, teknik, tahapan, peraturan dan juga karakteristik. Materi nomor cabang atletik jalan cepat  atau Race Walking bertujuan untuk mengembangkan berbagai pola gerak dasar berjalan, terutama yang mempunyai  ciri gerak lokomotor. 

Berjalan yaitu  bergerak kedepan tanpa adanya  hubungan terputus dengan tanah. Setiap kali melakukan gerakan langkah maka  harus menyentuh tanah sebelum kaki meninggalkan tanah, menjaga lutut lurus dan tidak bengkok serta  posisi tumpuan kaki dalam keadaan yang tegak lurus. Untuk pengertian jalan cepat sendiri adalah merupakan  sama dengan pengertian berjalan, namun  ada penambahan kecepatan ataupun  frekuensi langkah dan juga  teknik gerakan. Supaya  dapat menjelaskan dan juga  melakukan teknik jalan cepat yang benar, maka perlu di ketahui  perbedaan nyata antara berjalan serta  berlari, serta  apa saja yang tahapan jalan cepat yang baik dan benar. 
 
a. Pengertian Jalan Cepat 

Jalan cepat adalah yaitu bergerak kedepan tanpa hubungan yang  terputus dengan tanah. Setiap melangkah, maka  kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki bagian belakang meninggalkan tanah. Ketika  melangkah satu kaki harus berada di tanah, maka kaki tersebut juga harus lurus serta  lutut tidak bengkok dengan tumpuan kaki yang berada dalam keadaan posisi tegak lurus. 

Dalam jalan cepat, nomor – nomor yang diperlombakan adalah sebagai berikut : 
  1. Putra : 20 dan 50 km 
  2. Putri : 10 dan 10 km 
Jalan cepat adalah  salah satu nomor pada  cabang atletik yang resmi di perlombakan dalam kejuaraan – kejuaraan atletik, baik secara nasional ataupun  internasional.  

Teknik  dari pelaksanaan jalan cepat bisa  dirinci sebagai berikut : 
1) Start 
Startnya yang dilakukan dengan menggunakan start berdiri, karena start dalam jalan cepat tidak memiliki  pengaruh yang berarti, maka tidak perlu ada teknik khusus yang perlu atau harus  di pelajari ataupun  dilatih. Sikap start yang umumnya  di gunakan terdapat  pada aba – aba ” Bersedia ” peserta menempatkan posisi kaki kiri berada  di belakang garis start, sedangkan  kaki kanan berada di samping belakang kaki kiri, dengan badan yang  agak condong ke depan dan juga  kedua lengan rileks. Saat  abaaba ” Ya ” atau bunyi tembakan pistol, maka  segera melangkahkan kaki kanan ke depan, dengan di susul dengan  kaki kiri dan terus berjalan. 
 
gambar 1 : Teknik start dalam jalan cepat 
sumber : hobikusport.com 
 
2) Langkah 
Langkah di mulai dengan gerakan mengangkat paha kaki ayun ke depan lutut, terlihat tungkai bagian bawah yang bergantung lemas, karena ayunan paha ke depan, sehingga tungkai bawah ikut terayun ke depan, yang menyebabkan lutut menjadi lurus. Selanjutnya menapak pada tumit dengan terlebih dahulu menyentuh tanah, bersamaan dengan mengangkat tumit, kemudian ujung kaki tumpu lepas dari tanah, dan ganti dengan kaki ayun. Begitu seterusnya selalu ada kaki yang menumpu, sehingga tidak ada saat melayang. 

Condong Badan Mulai dari kepala, punggung atau dada, pinggang sampai tungkai bawah sedikit condong ke depan. 
 
3) Ayunan Lengan 
Siku di tekuk dengan kurang lebih dari 90 derajat, ayunan lengan kiri mengarah  ke depan bersamaan dengan mengangkat paha dan juga  kaki kanan, sehingga koordinasinya merupakan  lengan kiri bersamaan dengan kaki kanan, dan juga  lengan kanan yang  bersamaan dengan kaki kiri. 
 
gambar 2 : Teknik ayunan lengan, condong depan, dan langkah 

sumber : brainly.co.id 

Baca juga - Soal Renang

 
4) Finish 
Tidak terdapat teknik khusus pada gerakan masuk finish dalam jalan cepat. Biasanya jalan terus hingga melewati garis finish, kemudian baru dikendorkan kecepatannya sesudah melewati kira – kira 3 sampai 5 meter. Untuk memperoleh langkah – langkah yang benar, maka saat pemindahan badan serta kaki satu ke kaki yang lain harus nampak dengan jelas, hal ini kelihatan pada gerak panggul. Gerakan ini perlu dilatih supaya dapat terbiasa melakukan teknik jalan cepat yang baik dan benar. Jadi, sikap dan juga gerakan jalan cepat merupakan badan yang berada dalam posisi tegak, serta pandangan yang lurus ke depan, siku ditekuk, dan juga tangan yang  kepalkan dengan rileks.  
 
gambar 3 : Teknik memasuki garis finish 
sumber : kajianpustaka.com 
 
b. Kesalahan yang terjadi dalam tahapan gerak jalan cepat  

Kesalahan yang mungkin terjadi ketika  melakukan gerak dasar jalan cepat adalah sebagai berikut : 
  1. Ketika melangkah tungkai bawah tidak rileks dan juga  berada dalam posisi yang lurus 
  2. Kaki melangkah dengan memakai seluruh telapak kaki serta  menolak dengan ujung kaki 
  3. Ayunan lengan yang terlalu lurus dan juga 
  4. pola strategi nafas yang tidak tepat 

C. Rangkuman 

Jalan cepat adalah yaitu bergerak kedepan tanpa hubungan yang  terputus dengan tanah. Setiap melangkah, maka  kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki bagian belakang meninggalkan tanah. Ketika  melangkah satu kaki harus berada di tanah, maka kaki tersebut juga harus lurus serta  lutut tidak bengkok dengan tumpuan kaki yang berada dalam keadaan posisi tegak lurus 

Teknik gerak jalan cepat yang harus diperhatikan adalah : 
  1. teknik start 
  2. langkah  
  3. condong badan  
  4. ayunan lengan  
  5. teknik memasuki garis finish 
Kesalahan yang mungkin terjadi ketika  melakukan gerak dasar jalan cepat adalah sebagai berikut : 
  1. Ketika melangkah tungkai bawah tidak rileks dan juga  berada dalam posisi yang lurus 
  2. Kaki melangkah dengan memakai seluruh telapak kaki serta  menolak dengan ujung kaki 
  3. Ayunan lengan yang terlalu lurus dan juga 
  4. pola strategi nafas yang tidak tepat 

D. Penugasan Mandiri 

Anak-anakku yang hebat untuk mengetahui kemampuan kalian sejauh mana dalam penguasaan materi menganalisis karakterik dari nomor lari jalan cepat, ayo kerjakan project membuat peta konsep/mind map dengan langkah – lengkah sebagai berikut : 
  1. setiap peserta didik membuat peta konsep/mind map masing – masing, 
  2. kertas yang digunakan dibebaskan yang ada di rumah kalian masing – masing, 
  3. materi yang diangkat adalah pengertian dan tahapan gerak jalan cepat. 
  4. komponen yang dinilai sebagai berikut : 
    • kesesuaian materi  
    • kreativitas 
    • literasi(referensi) 
Alat : kertas, alat tulis 
Tempat : kelas/rumah masing – masing 
 
1. Rubrik penilaian keterampilan project peta konsep/mind map : 
 

Kriteria penilaian: 
1 = kurang terampil 
2 = cukup terampil 
3 = terampil 
4 = lebih terampil 
 
Jumlah skor yang diperoleh 
Penilaian Pengetahuan     =   ----------------------------------   X 100 
Jumlah skor maksimal 
 

E. Latihan Soal 1 

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat! 
1. Manakah pernyataan dibawah ini yang merupakan pengertian dari jalan cepat yang paling tepat. . . 
a. berjalan kedepan tanpa hubungan yang  terputus dengan tanah 
b. bergerak kedepan tanpa hubungan yang  terputus dengan tanah 
c. maju kedepan tanpa hubungan yang  terputus dengan tanah 
d. bergerak dan berjalan kedepan tanpa hubungan yang  terputus dengan tanah 
e. bergerak dengan terputus-putus tetap berhubungan dengan tanah 

Baca juga - Soal HIV Dan AIDS


2. Dalam jalan cepat, nomor – nomor yang diperlombakan adalah . . . 
a. Putra : 20 dan 50 km 
b. Putra : 20 dan 60 km 
c. Putra : 40 dan 70 km 
d. Putra : 40 dan 60 km 
e. Putar : 25 dan 45 km 

3. Dalam tehapan langkah, yang menyebabkan lutut menjadi lurus adalah . . . 
a. ayunan lengan ke depan 
b. ayunan paha ke depan 
c. ayunan betis ke depan 
d. ayunan paha ke belakang 
e. ayunan lengan dan kaki bersamaan 

4. Zat Teknik start yang digunakan dalam nomor lai cepat adalah teknik start  . . . 
a. jongkok 
b. melayang 
c. berdiri 
d. maju 
e. bergerak zig-zag 

5. Kesalahan yang mungkin terjadi ketika  melakukan gerak dasar jalan cepat adalah  . . . 
a. Ayunan lengan yang lurus 
b. pola strategi nafas yang tidak tepat 
c. Ketika melangkah kaki bawah tidak rileks dan juga  berada dalam posisi yang lurus 
d. Kaki melangkah dengan memakai seluruh telapak kaki serta  menolak dengan ujung lengan 
e. Hubungan kaki dengan lintasan tetap terjaga 



 
Cocokkanlah jawaban kalian dengan Kunci Jawaban yang terdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan kalian terhadap materi belajar ini.
 
Kunci Jawaban
1. b 
2. a 
3. b 
4. c 
5. b 

F. Penilaian Diri 

Bacalah Pernyataaan yang ada di dalam kolom dengan teliti, berilah tandan (v) sesuai dengan kondisi dan keadaan kelaian

Baca juga - Soal Aktivitas Kebugaran Jasmani


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Karakteristik Dan Tahapan Atletik Nomor Jalan Cepat Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Karakteristik Dan Tahapan Atletik Nomor Jalan Cepat File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • perbedaan jalan cepat dengan lari
    • tahapan jalan cepat
    • langkah-langkah jalan cepat
    • tahapan jalan cepat, yaitu fase
    • teknik jalan cepat
    • sebutkan tahapan teknik jalan cepat ?
    • ciri-ciri jalan cepat
    • pengertian jalan cepat
    • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022



    Post a Comment

    Post a Comment