Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Mempraktikkan Hasil Analisis Keterampilan Dua Gaya Renang Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA

Materi Mempraktikkan Hasil Analisis Keterampilan Dua Gaya Renang Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, kebetulan pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah dipersiapkan yaitu materi tentang Analisis Gerak Pemanasan, Inti Latihan, Pendinginan, Dan Tempo Irama/Lagu Dalam Aktivitas Gerak Berirama yang dikhususkan untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa membantu adik adik dalam mempelajaran mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Semoga bermanfaat yah.

Materi Mempraktikkan Hasil Analisis Keterampilan Dua Gaya Renang Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA
Materi Mempraktikkan Hasil Analisis Keterampilan Dua Gaya Renang Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA

Renang merupakan salah satu cabang olah raga yang banyak digemari baik di daerah maupun diperkotaan. Untuk dapat menguasai berbagai macam gaya renang, terlebih dahulu perlu mempelajari dasar-dasar renang, yaitu bagaimana mengatur cara bernafas di dalam air, cara mengapung di air dan meluncur. Beberapa kemampuan dan gerakan teknik dasar yang perlu diperhatikan bagi perenang antara lain ialah: 1) posisi badan, 2) gerakan kaki, 3) gerkan tangan, 4) pengambilan nafas, dan 5) koordinasi gerakan.  Renang gaya bebas ( free style/crawl ) merupakan gaya yang paling populer di dunia dan gaya yang paling cepat dari gaya renang yang lainya sedangkan renang gaya dada (breast stroke) atau gaya katak gaya ini memang tidak secepat gaya bebas tetapi gaya ini yang sering digunakan orang-orang dalam renang rekreasi dikarenakan sangat nyaman dilakukan. Adapun manfaat dari materi ini bukan hanya dapat memperaktikan dan menganalisis gerakannya saja akan tetapi dapat pula menganalisis kesalahan gerakanya juga sehingga dapat memperbaiki gerakan/teknik yang masih kurang baik agar menjadi sempurna gerakanya. Renang juga sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik yaitu dapat meningkatkan fungsi peredaran darah, pernafasan dan memperkuat otot serta bermanfaat terhadap psikologis (kejiwaan ) seperti dapat meningkatkan keberanian dan rasa percaya diri. Karena itu melalui renang dapat menghilangan kejenuhan, kejemuan dan dapat melepas tekanan kejiwaan yang biasanya terikat dengan tugas-tugas sekolah yang menumpuk. 


Istilah
  • Breast Stroke Renang gaya dada 
  • speed Kecepatan 
  • Streamline Posisi badan di atas air harus sejajar dengan permukaan air 
  • Psikologi Kejiwaan 
  • free style/crawl Renang gaya bebas    
  • Schoolsiag : Renang yang diajarkan di sekolah  
  • front crawl : Berenang dengan posisi dada permukaan air 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan  
  1. Memiliki kesadaran untuk melakukan aktivitas jasmani melalui renang gaya dada dalam rangka menjaga kebugaran dan kesehatan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa; 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif selama pembelajaran merancang pola penyerangan dalamrenang gaya dada; 
  3. Dapat menganalisis teknik renang gaya dada ; 
  4. Dapat mempraktikan teknik renang gaya dada 

B. Uraian Materi 

Anak-anak pada pembahasan modul kegiatan pembelajaran kedua ini, akan di bahas mengenai renang gaya bebas / Free style. Gaya bebas (bahasa Inggris: front crawl) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. 
Gaya bebas atau crowl, selain gaya yang tercepat dalam renang termasuk pula sangat efisien. Gerakan atau pukulannya berada satu garis dengan as memanjang tubuh, dan gerakan kedua tangan pun pemulihannya atau recoverynya di atas permukaan air, sehingga sedikit sekali hambatan yang timbul sewaktu pemulihan. Dengan kata lain gerakan yang merugikan sedikit sekali. Gaya crowl, karena cepatnya, juga berguna untuk menolong korban tenggelam yang segera memerlukan pertolongan. Secara umum gaya bebas itu diartikan orang bebas memilih macam gaya apa yang disukai dalam berenang. Dalam pertandingan-pertandingan, untuk nomor gaya bebas orang selalu memilih gaya crowl, karena kenyataannya gaya crowl lah yang tercepat di banding dengan gaya-gaya lainnya. Dengan demikian gaya bebas berarti gaya crowl. Ada lima hal yang perlu diperhatikan, dalam gaya crowl (gaya bebas) yakni: 
  1. posisi badan di air dan meluncur, 
  2. gerakan kaki, 
  3. gerakan tangan, 
  4. pengambilan nafas dan 
  5. koordinasi gerakan. 
Anak-anak ada beberapa  teknik  dasar  pada  renang  gaya bebas  yang  harus kalian pahami dan kuasai yaitu:  

1. Posisi Badan di air dan meluncur 

Anak-anak pada posisi kepala dan pandangan mata kalian saat berenang gaya bebas fokuskan melihat kedasar kolam. Leher dan kepala kalian tepat diatas bahu kalian dan tidak mengangkat kepala atau mata kedepan serta mata kalian selalu fokus pada dasar kolam agar kaki kalian tetap lebih tinggi di dalam air dan pinggul kalianpun akan secara alami terangkat. 
 
Posisi badan di atas air harus sejajar dengan permukaan air (streamline), yaitu keadaan tubuh rileks 
  
Gambar 1.1  posisi badan di air 

Sumber : httpswww.youtube.comwatchv=X5hL9GRT52c&app=desktop 
 
Kesalahan yang sering dilakukan ketika posisi badan di air pada gaya bebas 
a. Badan kaku 
b. Posisi tubuh tidak streamline 
 
Anak-anak berikut cara meluncur saat berenang: 
  
Gamabar 1.2 posisi saat meluncur 

https://narmadi.com/id/teknik-dasar-dalam-berenang/ 
  • Berdiri menempel pada pinggiran kolam renang dengan satu kaki menempel pada dinding kolam 
  • Posisi badan membungkuk sejajar dengan permukaan air seperti ketika rukuk dan posisi tangan lurus kedepan mengapit kedua daun telinga. 
  • Dorong badan kuat-kuat dengan kaki yang menempel pada dinding kolam, lalu tubuh anda akan meluncur ke depan. 
  • Posisi kan tangan, kaki dan tubuh lurus kedepan sejajar dengan permukaan air lalu jaga keseimbangan badan. 
  • Lakukan berulang –ulang samapi memiliki kecepatan dan jauh ke depan 
Kesalahan yang sering terjadi pada posisi badan saat meluncur : 
  • Keseimbangan tubuh labil 
  • Kepala terlalu naik keatas permukaan air 
  • Sikap badan kaku 
  • Badan tidak streamline 
2. Gerakan Kaki 

Dalam melakukan gerakan kaki gaya bebas, usahakan agar kaki kalian tetap lurus dan gunakan tendangan mengepak dengan tendangan ringan yang hanya bergerak dari lutut ke jari kaki. Kekuatan berasal dari pinggul kalian dan menendang dengan gerakan pendek dan cepat serta gerakan kaki yang ke bawah dilakukan agak kuat, terutama gerakan pergelangan kaki karena ini berfungsi untuk tenaga pendorong dan pengatur keseimbangan tubuh Latihan gerakan kaki ini dapat dilakukan sambil berpegangan dipinggir kolam, berpasangan bersama teman, dan memakai alat bantu pelampung. 
 
Berikut latihan gerakan kaki gaya bebas : 
 
Gambar 2.1  gerakan kaki gaya bebas 

https://myswimpro.com/blog/2019/06/06/how-to-swim-freestyle-with-perfecttechnique/ 
 
Tungkai kiri bergerak ke atas dengan rileks tanpa menekuk lutut, dan kaki kanan melakukan pukulan ke bawah. 
 
Kesalahan yang sering terjadi pada gerakan kaki gaya bebas : 
  • Lutut menekuk seperti mengayuh sepedah 
  • Kaki terlalu naik kepermukaan air 
  • Gerakan kaki terlalu kebawah 
3. Gerakan Tangan 

Anaka-anak terdapat terdapat dua teknik gerakan lengan , yaitu gerakan recovery dan gerakan mendayung. Pada gerakan recovery, adalah gerakan selama berada di luar air, dimana memindahkan telapak tangan saat ke luar dari dalam air yang fungsinya untuk mengangkat kepala untuk keluar dan masuk ke dalam air. Sedangkan gerakan mendayung gerakanya seperti mendorong dan di awali dari ujung jari tengah yang pertama kali menyentuh air dan di ikuti pergelangan sampai lengan atas dan di lanjuti dengan gerakan menarik tangan lurus di samping badan sampai keluar kembali dari air dengan posisi tangan lurus. 

Berikut latihan langkah-langkah gerakan tangan gaya bebas : 

• Gerakan menarik (pull) 
 
Gambar 3.1  gerakan menarik (puul) 

VladimirMorozov_straight-arm_freestyle_swimming_technique 
 
Untuk memulai gerakan menarik, tangan dimasukkan kedalam air. Gerakan menarik (pull) dilakukan setelah siku masuk di dalam air sampai tangan mencapai bidang vertikal. 
 
• Gerakan mendorong (push) 
 
Gambar gerakan mendorong (push )
 Gambar gerakan mendorong (push ) httpswww.youtube.comwatchv=-UzYFyaeGEY 
 
Gerakan tangan mendorong (pull) harus dilakukan dengan kuat dan arahnya dari depan ke belakang sampai tangan di  bawah dada. 

• Gerakan istirahat ( recovery ) 
  
Gambar gerakan istirahat
Gambar gerakan istirahat/ recovery 
https://www.triathlete.com/training/4-phases-freestyle-swim-stroke/ 
 
Yakni gerakan mengangkat sikut dalam air setelah gerakan mendorong, gerakan ini dapat dilakukan dengan mengangkat sikut tinggi atau sedang. 
   
Kesalahan yang sering terjadi pada gerakan lengan gaya bebas : 
  • Kayuhan lengan tidak pas 
  • Bagian lengan tidak keluar dari permukaan air 
  • Gerakan dorongan tangan kurang kuat 
4. Gerakan Pengambilan Nafas  

Hal terpenting dalam melakukan teknik pernapasan renang gaya bebas adalah menjaga posisi kepala agar tetap netral. Saat melakukan teknik bernafas, lakukan pukulan dengan satu tangan 
 
Berikut latihan bernafas renang gaya bebas : 
 
Gambar 4.1 tahap bernafas 

https://www.myactivesg.com/Sports/Swimming/Training-Method/Swimming-for-
Beginners/How-to-swim-front-crawl 
  • Palingkan muka kesamping sebagian atau seluruhnya dengan mulut keluar dari permukaan air.  
  • Kemudian, ambillah udara sebanyak-banyaknya melalui mulut atau hidung dan keluarkan napas secara perlahan-lahan setelah muka masuk ke dalam air. 
Kesalahan yang sering terjadi pada gerakan bernafas gaya bebas : 
  • Kepala terangkat 
  • Mengambil nafas pada dua sisi samping/kiri dan kanan 
  • Gerakan dorongan tangan kurang kuat 
5. Koordinasi gerakan  

Berikut ini bisa disimak dan dipraktikkan akan latihan teknik dasar yang dimaksud: 
  • Ambil posisi awal yang benar untuk meluncur. 
  • Lakukanlah gerakan kaki dengan secara bergantian dipukulkan naik-turun. 
  • Lengan juga perlu digerakkan dengan melemparnya ke arah depan dan dilakukan secara bergantian. 
  • Saat lengan bekerja mendayung, miringkan kepala ke satu arah seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan agar dapat mengambil napas. Lalu muka bisa kembali menghadap ke bawah atau ke dalam air untuk bisa mengembuskan napas yang baru saja diambil. 

Gambar koordinasi 5.1

Gambar koordinasi 5.1  gerakan renang gaya bebas  https://troopleader.scouting.org/basic-swimming-strokes/ 
 
Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menambah kecepatan pada renang gaya bebas 
Untuk menambah speed atau kecepatan dalam renang gaya bebas, beberapa hal yang dapat kalian  perhatikan adalah seperti berikut ini. 
  • Teknik pernapasan dengan cara mengambil napas di setiap kayuhan ketiga, kelima, atau ketujuh, jika kalian memiliki paru-paru yang kuat. Namun bernapas dengan sisi yang bergantian juga akan menghasilkan kayuhan renang yang lebih simetris. 
  • Untuk menghasilkan efisiensi gerak yang baik, diperlukan gerakan memutar badan. Gerakan memutar badan memungkinkan otot punggung  kalian memulai kayuhan dan putaran yang baik. 
  • Usahakan gerakan tangan kalian mengayun hingga ke bawah poros tubuh kalian di air dan percepat dayungan serta jari tangan kalian rapatkan. 
  • Posisi tubuh diatur sedemikian rupa supaya tenaga pada otot dapat meningkat sambil meminimalisir tekanan dan gesekan. Lurus dan sejajar dengan air adalah kunci posisi renang yang baik untuk membuat berenang kita lebih cepat sekaligus efisien. 
  • Tangan dan lengan harus dalam posisi benar dan tak akan menjadi efisien apabila yang digunakan hanyalah tangan. 
AKTIVITAS PEMBELAJARAN PENGAMBILAN NAFAS 

Anak-anak praktikan ditahap ini sesuai dengan tahapan diatas secara berulangulang dan boleh memakai alat bantu seperti pelampung, bola, ban dalam mobil yang sudah dipompa atau alat lainya yang bisa digunakan, jika kalian mempraktikanya sendiri. Jika kalian mempraktikanya dengan teman kalian, boleh saling bergantian dibantu dan saling mengkoreksi kesalahanya lalu langsung diperbaiki kesalahan gerakanya. Selamat mencoba dengan penuh tanggung jawab dan semangat kerja keras. 
Berikut ini adalah beberapa petunjuk yang dapat kalian jadikan acuan dalam melakukan renang gaya bebas : 
  • Ketika memulai belajar renang gaya bebas, tangan berpegangan pada pinggir kolam, kemudian gerakan kaki seperti penjelasan di atas. Lakukan sampai lancar. 
  • Kemudian kita bisa meminta seorang teman untuk memegangi tangan kita atau menggunakan alat bantu pelampung, sehingga bisa menyeberangi kolam dengan menggerakan kaki dan tangan tetap dipegangi/memegang pelampung. 
  • Setelah itu, sekarang bagian tangan yang kalian harus latih dengan bantuan teman atau sendiri dengan cara di pegang kedua kaki kalian oleh teman kalian atau di sangkutkan ke pinggiran kolam lalu kalian lakukan teknik gerakan tangan gaya bebas. 
  • Setelah lancar, maka sekarang kita dapat berlatih ke tengah kolam. Kemudian kita mengapungkan badan (seperti posisi meluncur) dan gerakan kaki gaya bebas lakukan sampai lancar. 
  • Setelah itu sekarang mulai belajar menggerakan tangan. Lakukan gerakan kaki, tangan dan di tambah pengambilan nafas. Begitu seterusnya, lakukan sampai lancar. 

C. Rangkuman 

Gaya bebas (bahasa Inggris: front crawl) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Gaya bebas, selain gaya yang tercepat dalam renang termasuk pula sangat efisien. Ada lima hal yang perlu diperhatikan, dalam gaya krol (gaya bebas) yakni: 1). posisi badan, 2). gerakan kaki, 3). gerakan tangan, 4). pengambilan nafas dan 5). koordinasi gerakan.  

Kesalahan- kesalahan dalam melakukan gerakan renang gaya bebas : Keseimbangan tubuh labil, kepala terlalu naik keatas permukaan air, sikap badan kaku, badan tidak streamline, badan kaku, posisi tubuh tidak streamline, lutut menekuk seperti mengayuh sepedah, kaki terlalu naik kepermukaan air, gerakan kaki terlalu kebawah, kayuhan lengan tidak pas, bagian lengan tidak keluar dari permukaan air, gerakan dorongan tangan kurang kuat, kepala terangkat, mengambil nafas pada dua sisi samping/kiri dan kanan, gerakan dorongan tangan kurang kuat 
 

D. Penugasan Mandiri    


E. Latihan Soal 

1. Siswa yang melakukan renang akan merasa senang, percaya diri dan berani, hal ini merupakan pengaruh renang dilihat dari .... 
A. fisiologis 
B. biologis 
C. pisikologis 
D. anatomi 
E. jasmani 

2. Pada tahap posisi badan renang gaya bebas, posisi kepala dan pandangan mata kalian saat berenang gaya bebas fokusk melihat ke ... 
A. dasar kolam 
B. permukaan kolam 
C. samping kiri kolam 
D. samping kanan kolam 
E. depan kolam 

3. Dalam renang gaya bebas gerakan kaki yang ke bawah dilakukan agak kuat, terutama gerakan pergelangan kaki. Fungsi dari gerakan kaki dalam renang gaya bebas, yaitu  ... 
A. mempermudah dalam pengambilan napas  
B. mendorong agar badan dapat melaju ke depan 
C. tenaga pendorong dan pengatur keseimbangan tubuh 
D. mempercepat gerakan sehingga badan terdorong ke depan 
E. membantu lengan dalam mempercepat badan bergerak ke depan 
 
4. Teknik gerakan yang lebih dominan digunakan dalam renang gaya bebas yaitu gerakan... 
  
Dalam gambar tersebut merupakan salah satu gerakan dalam renang gaya bebas, yaitu teknik gerakan recovery yang ditunjukkan pada gambar nomor ... 
A. 1 
B. 2 
C. 3 
D. 4 
E. 5 
 
5. Perhatikan gambar berikut ini! 
  
Dalam gambar tersebut merupakan salah satu gerakan dalam renang gaya bebas, yaitu teknik gerakan pengambilan napas yang ditunjukkan pada gambar nomor ... 
A. 1 
B. 2 
C. 3 
D. 4 
E. 5 
 
Kunci Jawaban
1. C Hal 6 
2. A Hal 16 
3. C Hal 17 
4. E         Hal 20 
5. D Hal 19 
 

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda √ pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasainya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Menganalisis Keterampilan Dua Gaya Renang Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Menganalisis Keterampilan Dua Gaya Renang File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • renang gaya bebas adalah
      • materi renang gaya bebas
      • menganalisis keterampilan gaya renang brainly
      • keterampilan renang gaya bebas
      • cara renang gaya bebas
      • gerakan kaki pada renang gaya dada adalah
      • gerakan tangan renang gaya bebas
      • gerakan kaki renang gaya bebas adalah
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022