Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Merancang Dan Mempraktikkan Permainan Bola Besar Bola Voli Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA

Materi Merancang Dan Mempraktikan Permainan Bola Besar Sepak Voli Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA - Hai semuanya, bagaimana kabarnya? semoga dalam keadaan sehat selalu dan murah rezeki, jangan lupa unutk selalu mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dengan cara menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencucui tangan untuk mengurangi penularan covid-19, oiya pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan materi tentang Merancang dan mempraktikan hasil rancangan pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar bola voli diperuntuk bagi adik adik kelas XII SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Merancang Dan Mempraktikkan Permainan Bola Besar Bola Voli Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA
Materi Merancang Dan Mempraktikkan Permainan Bola Besar Bola Voli Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA
Permainan bola besar sepak bola, bola voli dan basket merupakan permainan tim atau kelompok. Sebuah tim membutuhkan taktik dan strategi dalam bertanding yang bertujuan untuk mempermudah kerja sama, agar kesempatan menang lebih besar.  

Strategi merupakan siasat jangka panjang yang dilakukan sebelum, saat dan setelah pertandingan. Strategi yang diterapkan bisa dengan pola menyerang maupun pola bertahan. Sedangkan taktik adalah suatu siasat atau pola pikir dalam menerapkan teknik-teknik yang telah dikuasai dalam bermain untuk menyerang lawan secara sportif untuk memperoleh kemenangan. Taktik bisa juga diartikan sebagai siasat yang dipakai untuk menembus pertahanan lawan secara sportif sesuai dengan kemampuan yang dimiliki pemain.  

Secara umum, permainan tim membutuhkan kerjasama yang baik dari pemainnya baik dalam situasi menyerang maupun bertahan. Oleh karena itu, diharapkan dengan mempelajari Materi ini kalian dapat mencermati, memahami dan mampu merancang secara mandiri maupaun kelompok pola serangan dan pola bertahan permainan bola besar sepak bola, bola voli dan basket.  

Dalam Materi ini kalian akan mempelajari tentang taktik-strategi dalam bermain sepak bola, bola voli dan basket serta praktik latihan yang dapat pelajari secara mandiri maupun kelompok. Sepak bola, bola voli dan basket merupakan permainan yang banyak digemari. Terutama permainan sepak bola dengan aktivitas gerak dan teknik yang mudah dilakukan. Begitupun permianan bola voli hingga pelosok negeri permainan ini sering dipertandingkan dalam turnamen-turnamen di desa-desa. Tak terkecuali permainan basket juga bisa dilakukan dengan memodifikasi bola dan ring yang lebih sederhana. 
 
Secara singkat sebelumnya dibahas bahwa permainan bola besar sepak bola, bola voli dan basket merupakan perminan tim atau kelompok. Sebuah tim membutuhkan taktik dan strategi dalam bertanding yang bertujuan untuk mempermudah kerja sama dengan teman satu tim, agar kesempatan menang lebih besar. Taktik dan strategi diterapkan dalam pola serangan dan pola bertahan.  
 
Dalam permainan sepak bola, pola serangan yang digunakan bisa melalui sisi sayap kanan dan kiri dengan bola-bola lambung, counter attack atau bisa juga dengan umpan-umpan pendek di area tengah dengan istilah lainnya tiki-taka. Pola serangan di padukan dengan bermacam-macam formasi yang dapat diterapkan seperti 4-3-3, 3-4-3 dan formasi lainnya. Sedangkan pola bertahan bisa dengan man to man defence, zone defence dan kombinasi yaitu memadukan taktik man to man defence dan zone defence. 
 
Selanjutnya pola serangan dan bertahan dalam permainan bola voli dengan menerapkan strategi yang mencakup taktik secara individu maupun tim. Seperti pola serangan dengan sistem 4 spiker two setter, 5 spiker one setter dan sistem lainnya dengan melakukan smash/spike dari depan dan juga belakang garis 3 meter. Pola bertahan dengan sistem 1, 2, 3 block (membendung serangan lawan), cover (menutup area kosong agar bola tidak jatuh) dan libero (pemain yang bertugas untuk menahan serangan lawan dan tidak dianjurkan untuk melakukan serangan). 
 
Selanjutnya, pernahkah kalian menonton pertandingan bola basket di televisi atau secara langsung? terkadang kita melihat seperti sekelompok pemain yang saling melempar/mengumpan atau dengan cepat menggiring bola kemudian memasukan bola tersebut ke ring. Akan tetapi, proses tersebut ternyata menggunakan pola yang terorganisir baik dalam situasi penyerangan maupun bertahan. Pola penyerangan dan bertahan diterapkan bertujuan membentuk tim yang solid dalam upaya memperoleh poin sebanyak-banyaknya hingga meraih kemenangan secara sportif. Seperti yang telah dibahas pada deskripsi singkat materi dalam Materi ini, dijelaskan bahwa taktik dalam premainan bola basket diartikan sebagai semua gerak teknik basket yang terorganisir untuk menyerang dan bertahan, digunakan oleh pemain untuk mendapatkanpoin sedangkan strategi merupakan siasat jangka panjang yang dilakukan sebelum, saat dan setelah pertandingan dalam situasi penyerangan maupun bertahan. Pola serangan yang digunakan dalam permainan basket diantaranya yaitu pola moving of the ball (gerak tanpa bola dengan mencari ruang), fastbreak (serangan cepat) dan pola lainnya. Sedangkan pola bertahan bisa dengan menerapkan  man to man defense, zone defense dan kombinasi yaitu memadukan taktik man to man defense dan zone defense. Pola-pola tersebut kalian pelajari dengan cermat dan teliti agar dalam pelaksanaan praktik tersusun sesuai dengan yang diharapkan.  

Istilah
  • Block : Seseorang yang membendung pukulan smash/spike dari lawan 
  • Change player : Game pergantian tim 
  • Dribbling : Teknik dasar menggiring bola dalam permainan basket dasn sepak bola 
  • Fast Break : Operan kilat atau serangan cepat 
  • Libero : Pemain belakang, dan di anggap sebagai salah satu pemain khusus. Pemain ini hanya bermain pada barisan belakang. Libero tidak dapat mengumpan bola ke penyerang pada garis depan atau garis serangan dan tidak di perbolehkan menyerang bola dari atas puncak net. 
  • Man to man defense : Setiap pemain membayangi satu lawan (satu lawan satu) baik dalam sepak bola maupun basket 
  • Moving without The Ball Teknik menutup ruang gerak lawan untuk merebut bola 
  • Point Guard : posisi pemain sebagai playmaker tim, pemain yang mengatur ritme permainan serta yang biasanya paling sering menciptakan assist. 
  • Power forward : pemain yang bermain sangat dekat dengan ring baik dalam posisi menyerang atau bertahan 
  • Power forward : Posisi dalam permainan bola basket yang diisi oleh salah satu pemain berpostur tinggi dan kuat. 
  • Quicker : Pemain yang bertugas untuk menyerang bola-bola cepat dengan keadaan yang tidak tinggi (0-0,5 meter) di atas net 
  • Rebound : Seorang pemain mendapatkan bola pantul yang gagal masuk ke dalam keranjang 
  • Service bola voli : Merupakan istilah untuk pukulan pertama/memulai pertandingan 
  • Shooting guard : merupakan penembak yang baik dari garis perimeter (daerah sekitar batas garis tiga angka). 
  • Spike/Smash : Sebuah pukulan yang kuat dan diarah kan dengan keras yang bertujuan untuk mengembalikan bola ke dalam lapangan tim lawan. 
  • Small forward : salah satu posisi dalam permainan bola basket yang membutuhkan pemain dengan berbagai variasi kemampuan. 
  • Zone defense : Setiap pemain bertanggung jawab atas daerah pertahanannya dalam permainan basket dan sepak bola 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari modul kegiatan pembelajaran 2, diharapkan kalian dapat : 
  1. Memahami pola serangan dan bertahan permainan bola besar bola voli.  
  2. Merancang pola serangan dan bertahan permainan bola besar bola voli. 
  3. Mempraktikan pola serangan dan bertahan permainan bola besar bola voli. 
  4. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif selama bermain permainan bola voli.  

B. Uraian Materi 

Bola voli merupakan cabang olahraga beregu yang di ciptakan oleh William G Morgan di Amerika Serikat pada tahun 1895. Sebagai olahraga beregu, agar dapat berprestasi sebuah tim bola voli tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan individu para pemainnya, tetapi juga harus dibarengi dengan kekompakan bermain dalam sebuah tim. 
 
Oleh karena itu, sebuah tim harus bisa menerapkan sistem pola penyerangan maupun sistem pola pertahanan dengan baik untuk bisa meraih kemenangan. Berikut akan dibahas uraian lengkapnya. 

1. Pola Penyerangangan 

Pola penyerangan adalah suatu cara yang dipergunakan dalam suatu pertandingan untuk mencari kemenangan secara sportif. Pola penyerangan juga dianggap sebagai siasat yang digunakan masing-masing tim untuk mencetak point dan menjadi tim yang menang. Taktik-taktik penyerangan mencakup taktik secara individu maupun tim. Adapun prinsip dari penyerangan adalah upaya untuk mematikan bola di lapangan lawan dengan jalan apapun sesuai yang dengan strategi yang diperkenankan dalam peraturan permainan bola voli dan tetap sportif. Berikut dijelaskan mengenai pola serangan dalam permainan bola voli, sebagai berikut : 

A. Smash/spike 

Smash atau spike adalah cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan untuk mencapai pukulan keras yang biasanya mematikan ke daerah lawan. Selanjutnya smash/spike diartikan sebagai upaya yang dilakukan dengan melakukan pukulan serangan yang sangat keras, terarah, dan butuh skill yang baik untuk mencetak angka. Untuk menjadi seorang spiker yang handal, dibutuhkan kegesitan dan kepandaian dalam melompat, serta memiliki kemampuan yang baik dalam memukul bola sekeras mungkin. Ada 4 jenis smash dalam bola voli yaitu frontal smash, (smash depan), frontal smash dengan twist (smash depan dengan memutar, variasi smash) dan dump (smash pura-pura).  Dalam melakukan smash ada 4 tahap gerakan yang harus diperhatikan antara lain, sebagai berikut: 
  1. Tahap pertama : run-up (lari menghampiri)  
  2. Tahap kedua: take-off (melompat) 
  3. Tahap ketiga: hit (memukul) 
  4. Tahap keempat: landing (mendarat) 
Sebelum membahas pola serangan dengan smash/spike, terlebih dahulu harus paham posisi pemain dalam sebuah tim bola voli. Sistem penyerangan dilihat dari posisi pemain dijelaskan dalam gambar sebagai berikut : 
 
Gambar 10. 

Posisi Pemain dalam permainan bola voli 
 
B. Macam-macam Pola Penyerangan dalam Bola Voli 

Dari jenis dan fungsi pemain di atas, dapat dijelaskan macam-macam pola penyerangan dalam bola voli sebagai berikut : 

1. Sistem 4 Sm-2 Su yaitu 4 Smasher (spiker)-2 Set-uper (setter) Pada sistem ini terdiri dari empat penyerang utama dan juga dua pemain sebagai pengumpan. Pada sistem ini biasanya pemain pengumpan dari tengah, yang terkadang mengumpan dari sisi kanan.  

Gambar 10. 

Sistem 4 Sm-2 Su permainan bola voli 
 
Komposisi pemain: 
  • SU1 – SU2 = set uper ke 1 dan ke 2 
  • SM1 - SM4 = smasher 1,2,3,4 
  • SM1 dan SM2 tempatnya harus berlawanan karena kemampuan dan kekuatannya hampir seimbang dalam produktivitas serangan terhadap lawan. 
  • SM3 lebih baik daripada SM1 sehingga ditugaskan membantu SM2 dimana kmampuan menyerangnya kurang dibanding SM1. 
  • SM4 membantu penyerangan SM1, sehingga dalam posisi bagaimanapun kekuatan menyerangnya seimbang dalam regu tersebut dalam putaran pemain. 
2. Sistem 4 Sm-1 U yaitu 4 Smasher (spiker)-1 Set-uper (setter)-1 Universal 
Pada sistem ini menempatkan empat penyerang utama, satu pemain pengumpan dan satu pemain serbabisa (mampu mengumpan dan menyerang). Pada sistem ini diharapkan penyerang lebih efektif dan cepat. 
 
Gambar 11. 

Sistem 4 Sm-1 U Su permainan bola voli 
 
Komposisi pemain : 
  • SM4 = smasher terbaik 
  • SU dan U selalu berlawanan posisi dalam pergeseran posisi. 
  • U memiliki kemampuan yang seimbang. Dapat memberi umpan, namun tidak sebaik SU. Namun, kemampuan dalam smesh jauh lebih baik dibanding su. 
  • SM1 dan SM3 memiliki kemampuan smesh lebih baik dari SM2 dan SM4. 
  • SM3 lebih baik daripada SM1 sehingga ditugaskan membantu SM2 dimana kemampuan menyerangnya kurang dibanding SM1. 
  • SM4 membantu penyerangan SM1, untuk menyeimbangkan serangan.  
 
3. Sistem Penyerang 5 Sm-1 Su yaitu 5 Smasher (spiker)-1 Set-uper (setter) 
Pada sistem ini menempatkan lima penyerang utama dan satu pemain pengumpan.  
 
Gambar 12. 
Sistem 4 Sm-1 U Su permainan bola voli 
 
Komposisi pemain :  
  • SU harus bersilang dengan SM 5 
  • selama SU dalam posisi di depan atau 3, 4,  
  • SM1 dan juga SM 2 ada pada posisi salah satunya untuk dapat diandalkan dalam penyerangan 
C. Aktivitas pembelajaran pola serangan 

Alat : Net (dapat dimodifikasi dengan tali), bola voli standar atau bola karet yang dimodifikasi  
Lapangan : lapangan voli, atau lapangan yang bisa di modifikasi sesuai dengan lapangan voli    
Bermain change player bola voli 4 vs 3, dengan tahapan sebagai berikut : 
  1. Membentuk kelompok dengan jumlah 7 orang. 
  2. Bersama-sama memasang net atau membuat lapangan bola voli yang di modifikasi.  
  3. 2 orang sebagai pemain penyerang, 1 orang sebagai setter (pengumpan), 4 orang sebagai tim bertahan. 
  4. Pemain penyerang berusaha mendapatkan poin dan menyerang ke daerah lawan, sedangkan pemain bertahan berusaha mengembalikan bola ke daerah lawan dan tidak jatuh di daerah sendiri. 
  5. Kalian dapat melakukan permainan tersebut dengan poin tertentu. 
  6. Jika telah sampai pada poin maksimal yang telah ditentukan maka diganti dengan 7 orang dari kelompok lainnya.  
  7. Pergantian kelompok terus dilakukan hingga semua peserta didik telah mempraktikan pola serangan tersebut.  
Gambar 11. 

Gambar 11. Bermian change player  bola voli pola penyerangan 4 vs 3 Sumber : kemendikbud_2015 
 
2. Pola Pertahanaan  

Pola pertahanan merupakan upaya untuk bertahan dalam keadaan pasif menerima serangan dengan harapan tim lawan akan melakukan kesalahan dan akhirnya mengalami kekalahan.Sistem-sistem pertahanan antara lain sebagai berikut. 

a. Pola Bendungan 

Block jenis ini digunakan jika lawan memainkan penyerangan yang sangat cepat, cermat dan kuat, sehingga pihak bertahan tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk membantu teman melakukan block. 

b. Taktik-taktik membendung (block) 

Block dan sistem pertahanan harus mampu bekerja sama dengan baik jika ingin mengalahkan penyerangan yang mematikan dari pihak lawan. Block yang sering digunakan dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut. 

1. Bendungan Satu Pemain 
Block jenis ini digunakan jika lawan memainkan penyerangan yang sangat cepat, cermat dan kuat, sehingga pihak bertahan tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk membantu teman melakukan block. 

2. Bendungan Dua Pemain 
Block jenis ini digunakan jika lawan memainkan penyerangan dengan  ketepatan sasaran, sehingga pihak  bertahan masih mempunyai kesempatan untuk membantu teman melakukan block. 
 
3. Bendungan Tiga Pemain 
Block jenis ini digunakan jika menghadapi lawan yang tangguh memainkan penyerangan dengan smash-smash yang tajam, keras dan menukik. Sehingga diharapkan dengan adanya block yang banyak penyerangan dapat digagalkan. 
 
c. Melindungi bola pantul (cover)  

Cover adalah pola bertahan menyelamatakan bola pantul dari pemain penyerang yang melambung kembali dari block (bendungan) lawan.Bola pantul harus diterima oleh pemain lain,biasanya dilakukan oleh libero (pemain yang bertugas untuk bertahan dibelakang, tidak diperbolehkan melakukan serangan). Cover juga bertujuan melindungi bola agar tidak jatuhdi area lapangan dari serangan tipuan lawan.  
 
d. Aktivitas pembelajaran pola serangan 
Alat : Net (dapat dimodifikasi dengan tali), bola voli standar atau bola karet yang dimodifikasi  
Lapangan : lapangan voli, atau lapangan yang bisa di modifikasi sesuai dengan lapangan voli    
Bermain change player bola voli 5 vs 3, dengan tahapan sebagai berikut: 
  1. Membentuk kelompok dengan jumlah 8 orang. 
  2. Bersama-sama memasang net atau membuat lapangan bola voli yang di modifikasi.  
  3. 2 orang sebagai tim penyerang, 1 orang sebagai setter (pengumpan), 5 orang sebagai tim bertahan (dengan 3 orang bertugas sebagai blocker di depan dan 2 bertahan).    
  4. Pemain penyerang berusaha mendapatkan poin dan menyerang ke daerah lawan, sedangkan pemain bertahan berusaha mengembalikan bola ke daerah lawan dan tidak jatuh di daerah sendiri. 
  5. Kalian dapat melakukan permainan tersebut dengan poin tertentu. 
  6. Jika telah sampai pada poin maksimal yang telah ditentukan maka diganti dengan 8 orang dari kelompok lainnya.  
  7. Pergantian kelompok terus dilakukan hingga semua peserta didik telah mempraktikan pola serangan tersebut.  
Gambar 12.

Bermian change player bola voli pola bertahan 5 vs 3 Sumber : kemendikbud_2015 
 

C. Rangkuman 

Bola voli merupakan permaianan beregu dengan jumlah pemain 6 orang dalam satu tim. Teknik dasar permainan bola voli yaitu serve, passing, spike/smash dan block. Seluruh aggota tubuh dapat digunakan dalam bermain. Tujuan permaianan adalah memainkan bola dengan melewati net, agar jatuh di area lawan untuk menghasilkan poin dan terlebih dahulu meraih poin 25, jika terjadi poin sama di 24 maka dilanjutkan hingga terjadi selisih 2 poin.  

Jika dilihat dari perkembangan jaman, pola serangan dalam permianan bola voli sudah berkembang pesat. Pola serangan tidak hanya dilakukan dari posisi depan (2,3,4) akan tetapi serangan dapat dilakukan dari posisi belakang (1,6,5) dengan catatan tidak menginjak garis 3 meter atau garis serang. Hal ini dilakukan dengan berbagai variasi serangan yang diatur oleh setter atau pengumpan.    
Pola pertahanan merupakan upaya untuk bertahan dalam keadaan pasif menerima serangan dengan harapan tim lawan akan melakukan kesalahan dan akhirnya mengalami kekalahan. Sistem-sistem pertahanan antara lain block (bendungan) dan cover (menjaga bola pantul atau trik tipuan dari lawan). Cover biasanya dilakukan oleh libero (pemain bertahan, tidak diperbolehkan untuk melakukan serangan).  
 

D. Penugasan Mandiri  

Anak-anakku yang hebat untuk mengetahuiketerampilan kalian dalam mempelajari pola serangan dan pertahanan permainan bola voli, dibawah ini ada tugas gerak yang harus kalian praktikan dengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif. Berikut pemaparan materi soal penugasan mandiri yang akan kalian praktikan: Buatlah kelompok dengan jumlah 8 orang (4 orang tim menyerang, 4 orang tim bertahan) 
  1. Tim penyerang : coba kalian rancang pola serangan 3 Sm-1 Su … 
  2. Tim bertahan : merancang pola bertahan bendungan/block 2 pemain dan cover … 
  3. Praktikan dengan cara bermain 4 vs 4 (tim penyerang vs tim bertahan) dengan menerapkan pola rancangan yang telah di buat …  

E. Latihan Soal 

Anak-anakku yang hebat, silahkan kerjakan soal latihan berikut dengan cara memberikan tanda silang (X) pada jawaban yang paling tepat dari opsi jawaban yang tersedia! 

1. Perhatikan pola pertahanan dibawah ini! 
  
Pola pertahanan diatas menunjukan . . . 
A. 1 blocker 
B. 2 blocker 
C. 3 blocker 
D. 4 blocker 
E. 5 blocker 
 
2. Perhatikan gambar di bawah ini! 

Guna mengantisipasi hadangan (block) pemain bertahan berhasil dilakukan dan bola kembali ke lapangan tim yang menyerang, maka pemain dari tim yang menyerang harus dapat melakukan ... 
A. smash  
B. servis  
C. cover  
D. block 
E. time out 
 
3. Dalam permainan bola voli apabila tim kita sedang melakukan bertahan dan mempunyai pemain yang tinggi maka cara melawan serangan yang efektif adalah . . . 
A. Menunggu pukulan lawan melewati net 
B. Berusaha membendung bola hasil pukulan lawan 
C. Menggunakan formasi 2-4 
D. Menggunakan formasi 1-5 
E. Menggunakan pemain libero 
 
4. Perhatikan gambar di bawah ini ! 
 
Dalam sebuah pertandingan bola voli, tim A menghadapi tim B yang memiliki pemain dengan tinggi badan diatas pemain tim A. Ketika pemain pengumpan tim A berada pada posisi 3, maka strategi penyerangan yang paling efektif dilakukan oleh tim A adalah… 
A. Melakukan quick spike yang dilakukan oleh pemain dengan posisi 4 
B. Melakukan quick spike yang dilakukan oleh pemain dengan posisi 2 
C. Melakukan quick back spike yang dilakukan oleh pemain dengan posisi 2 
D. Melakukan open spike yang dilakukan oleh pemain posisi 4 E. Melakukan back attack yang dilakukan oleh pemain posisi 1 

5. Perhatikan formasi pola serang dibawah ini! 
Pola formasi serangan di atas adalah . . . 
a. 4 SM – 2 SU 
b. 4 SM – 1 SU – 1 U 
c. 5 SM – 1 SU 
d. 3 SM – 2 SU – 1 U 
e. 4 SM – 2 SU 

Kunci Jawaban
1.  C Hal 21 
2.  D Hal 22 
3.  C Hal 21 
4.  B Hal 20 
5.  C Hal 20  

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda √ pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasainya. 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Merancang Dan Mempraktikan Permainan Bola Besar Sepak Voli Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Merancang Dan Mempraktikan Bola Voli File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • makalah menganalisis, merancang, dan mengevaluasi taktik dan strategi permainan bola besar
      • menganalisis, merancang, dan mengevaluasi taktik dan strategi permainan bola voli
      • rangkuman menganalisis merancang, dan mengevaluasi taktik dan strategi permainan bola besar
      • buatlah rangkuman tentang strategi dan taktik dalam permainan bola besar sepakbola
      • taktik dan strategi permainan bola voli brainly
      • menganalisis merancang, dan mengevaluasi taktik dan strategi permainan bola kecil
      • makalah menganalisis, merancang, dan mengevaluasi taktik dan strategi permainan bola kecil
      • analisis strategi dan taktik pertahanan dalam permainan
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022