Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Merancang Dan Mempraktikkan Permainan Bola Besar Basket Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA

Materi Merancang Dan Mempraktikkan Permainan Bola Besar Basket Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik dimana saja berada, apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu ya, kebetulan pada kesempatan yang cerah ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah dipersiapkan untuk adik adik kelas XII SMA/MA tentang Merancang dan mempraktikan hasil rancangan pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar basket. Materi ini juga dilengkapi dengan latihan soal serta kunci jawaban yang mana akan memudahkan adik adik memahami setiap materi. Tetap semangat!!

Materi Merancang Dan Mempraktikkan Permainan Bola Besar Basket Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA
Materi Merancang Dan Mempraktikkan Permainan Bola Besar Basket Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA

Permainan bola besar sepak bola, bola voli dan basket merupakan permainan tim atau kelompok. Sebuah tim membutuhkan taktik dan strategi dalam bertanding yang bertujuan untuk mempermudah kerja sama, agar kesempatan menang lebih besar.  

Strategi merupakan siasat jangka panjang yang dilakukan sebelum, saat dan setelah pertandingan. Strategi yang diterapkan bisa dengan pola menyerang maupun pola bertahan. Sedangkan taktik adalah suatu siasat atau pola pikir dalam menerapkan teknik-teknik yang telah dikuasai dalam bermain untuk menyerang lawan secara sportif untuk memperoleh kemenangan. Taktik bisa juga diartikan sebagai siasat yang dipakai untuk menembus pertahanan lawan secara sportif sesuai dengan kemampuan yang dimiliki pemain.  

Secara umum, permainan tim membutuhkan kerjasama yang baik dari pemainnya baik dalam situasi menyerang maupun bertahan. Oleh karena itu, diharapkan dengan mempelajari Materi ini kalian dapat mencermati, memahami dan mampu merancang secara mandiri maupaun kelompok pola serangan dan pola bertahan permainan bola besar sepak bola, bola voli dan basket.  

Dalam Materi ini kalian akan mempelajari tentang taktik-strategi dalam bermain sepak bola, bola voli dan basket serta praktik latihan yang dapat pelajari secara mandiri maupun kelompok. Sepak bola, bola voli dan basket merupakan permainan yang banyak digemari. Terutama permainan sepak bola dengan aktivitas gerak dan teknik yang mudah dilakukan. Begitupun permianan bola voli hingga pelosok negeri permainan ini sering dipertandingkan dalam turnamen-turnamen di desa-desa. Tak terkecuali permainan basket juga bisa dilakukan dengan memodifikasi bola dan ring yang lebih sederhana. 
 
Secara singkat sebelumnya dibahas bahwa permainan bola besar sepak bola, bola voli dan basket merupakan perminan tim atau kelompok. Sebuah tim membutuhkan taktik dan strategi dalam bertanding yang bertujuan untuk mempermudah kerja sama dengan teman satu tim, agar kesempatan menang lebih besar. Taktik dan strategi diterapkan dalam pola serangan dan pola bertahan.  
 
Dalam permainan sepak bola, pola serangan yang digunakan bisa melalui sisi sayap kanan dan kiri dengan bola-bola lambung, counter attack atau bisa juga dengan umpan-umpan pendek di area tengah dengan istilah lainnya tiki-taka. Pola serangan di padukan dengan bermacam-macam formasi yang dapat diterapkan seperti 4-3-3, 3-4-3 dan formasi lainnya. Sedangkan pola bertahan bisa dengan man to man defence, zone defence dan kombinasi yaitu memadukan taktik man to man defence dan zone defence. 
 
Selanjutnya pola serangan dan bertahan dalam permainan bola voli dengan menerapkan strategi yang mencakup taktik secara individu maupun tim. Seperti pola serangan dengan sistem 4 spiker two setter, 5 spiker one setter dan sistem lainnya dengan melakukan smash/spike dari depan dan juga belakang garis 3 meter. Pola bertahan dengan sistem 1, 2, 3 block (membendung serangan lawan), cover (menutup area kosong agar bola tidak jatuh) dan libero (pemain yang bertugas untuk menahan serangan lawan dan tidak dianjurkan untuk melakukan serangan). 
 
Selanjutnya, pernahkah kalian menonton pertandingan bola basket di televisi atau secara langsung? terkadang kita melihat seperti sekelompok pemain yang saling melempar/mengumpan atau dengan cepat menggiring bola kemudian memasukan bola tersebut ke ring. Akan tetapi, proses tersebut ternyata menggunakan pola yang terorganisir baik dalam situasi penyerangan maupun bertahan. Pola penyerangan dan bertahan diterapkan bertujuan membentuk tim yang solid dalam upaya memperoleh poin sebanyak-banyaknya hingga meraih kemenangan secara sportif. Seperti yang telah dibahas pada deskripsi singkat materi dalam Materi ini, dijelaskan bahwa taktik dalam premainan bola basket diartikan sebagai semua gerak teknik basket yang terorganisir untuk menyerang dan bertahan, digunakan oleh pemain untuk mendapatkanpoin sedangkan strategi merupakan siasat jangka panjang yang dilakukan sebelum, saat dan setelah pertandingan dalam situasi penyerangan maupun bertahan. Pola serangan yang digunakan dalam permainan basket diantaranya yaitu pola moving of the ball (gerak tanpa bola dengan mencari ruang), fastbreak (serangan cepat) dan pola lainnya. Sedangkan pola bertahan bisa dengan menerapkan  man to man defense, zone defense dan kombinasi yaitu memadukan taktik man to man defense dan zone defense. Pola-pola tersebut kalian pelajari dengan cermat dan teliti agar dalam pelaksanaan praktik tersusun sesuai dengan yang diharapkan.  

Istilah
  • Block : Seseorang yang membendung pukulan smash/spike dari lawan 
  • Change player : Game pergantian tim 
  • Dribbling : Teknik dasar menggiring bola dalam permainan basket dasn sepak bola 
  • Fast Break : Operan kilat atau serangan cepat 
  • Libero : Pemain belakang, dan di anggap sebagai salah satu pemain khusus. Pemain ini hanya bermain pada barisan belakang. Libero tidak dapat mengumpan bola ke penyerang pada garis depan atau garis serangan dan tidak di perbolehkan menyerang bola dari atas puncak net. 
  • Man to man defense : Setiap pemain membayangi satu lawan (satu lawan satu) baik dalam sepak bola maupun basket 
  • Moving without The Ball Teknik menutup ruang gerak lawan untuk merebut bola 
  • Point Guard : posisi pemain sebagai playmaker tim, pemain yang mengatur ritme permainan serta yang biasanya paling sering menciptakan assist. 
  • Power forward : pemain yang bermain sangat dekat dengan ring baik dalam posisi menyerang atau bertahan 
  • Power forward : Posisi dalam permainan bola basket yang diisi oleh salah satu pemain berpostur tinggi dan kuat. 
  • Quicker : Pemain yang bertugas untuk menyerang bola-bola cepat dengan keadaan yang tidak tinggi (0-0,5 meter) di atas net 
  • Rebound : Seorang pemain mendapatkan bola pantul yang gagal masuk ke dalam keranjang 
  • Service bola voli : Merupakan istilah untuk pukulan pertama/memulai pertandingan 
  • Shooting guard : merupakan penembak yang baik dari garis perimeter (daerah sekitar batas garis tiga angka). 
  • Spike/Smash : Sebuah pukulan yang kuat dan diarah kan dengan keras yang bertujuan untuk mengembalikan bola ke dalam lapangan tim lawan. 
  • Small forward : salah satu posisi dalam permainan bola basket yang membutuhkan pemain dengan berbagai variasi kemampuan. 
  • Zone defense : Setiap pemain bertanggung jawab atas daerah pertahanannya dalam permainan basket dan sepak bola 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari modul kegiatan pembelajaran 1, diharapkan kalian dapat : 
  1. Memahami pola serangan dan bertahan permainan bola besar basket.  
  2. Merancang pola serangan dan bertahan permainan bola besar basket. 
  3. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotongroyong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif selama bermain permainan basket.  

B. Uraian Materi 

Dalam modul kegiatan pembelajaran 3 akan membahas rancangan pola penyerangan dan pertahanan permainan basket. Perlu kalian ketahui bahwa pola penyerangan dan pertahanan dalam basket dilakukan secara berkesinambungan. Oleh kaena itu, taktik dan strategi penyerangan dan pertahanan permainan basket mesti dipahami dan dipelajari terlebih dahulu agar bisa dipraktikan dengan benar. 

1. Pola Penyerangan Basket 

Dalam situasi menyerang, ada banyak cara berbeda yang yang dapat dilakukan. Tujuan serangan ini adalah untuk menerobos pertahanan lawan dan memasukan bola ke ring hingga meghasilkan poin. Oleh karena itu, dalam melakukan seranganyang harus dikuasasi terlebih dahulu adalah dribbling, passing, dan shooting. Di bawah ini kalian akan mempelajari, merancang pola serangan yang efektif dan pola menyerang dengan taktik-strategi dalam permainan bola basket. Pola penyerangan digunakan setelah terlebih dahulu melihat atau membaca pola taktik-strategi yang diterapkan lawan. Berikut pola penyerangan dan pertahanan yang dapat kalian pelajari :  

a. Fast Break (pola serangan cepat) 

Dalam pola serangan cepat atau fast break, dilakukan dengan mencoba menggerakkan/mengalirkan bola ke depan secepat mungkin dalam situasi pertahanan lawan belum maksimal karena sedang keluar dari posisinya/atau melakukan serangan. Praktiknya setelah bola terebut maka secepatnya melakukan passing ke depan, dribbling dan shoot ke ring. Fokus utama dalam melakukan fast break adalah kecepatan dan umpan cepat. 
 
Gambar 1. 
Kegiatan Pembelajaran 3, pola serangan FastBreak Sumber : www.youtube.com/watch?v=FTQ64Vd-NQ8&t=11s 

Keterangan : 
• Tahap 1  
Bola dikuasai oleh tim hitam untuk memasukan bola ke ring. 
• Tahap 2  
Hasil shot tidak masuk ke ring, bola bergulir ke tim merah yang ada di bawah ring. 
• Tahap 3 
Pemain dari tim merah berbalik badan dengan menguasai bola dan melakukan dribbling untuk melaukan serangan balik cepat atau  fast break. 
• Tahap 4 
Tim merah melakukan serangan balik cepat atau  fastbreak. 
 
b. The Pick and Roll(menutup ruang lawan yang akan merebut bola) 

Pola serangan ini yaitu pemaindari tim penyerang yang tidak menguasai bola, berusaha untuk memblokir atau menutup jalur lawan yang akan merebut bola sehingga memberikan ruang bebas pada teman satu tim untuk melakukan dribbling atau shooting. Penyerang yang menguasai bola kemudian bebas melakukan tembakan ke ring. Berikut gambar tahapan dalam pola The Pick and Roll diabawah ini : 
 
Gambar 2.

Kegiatan Pembelajaran 3, pola penyerangan The Pick and Roll 
Sumber : www.owayo.co.uk 
 
Keterangan : 
• Tahap 1  
Menutup ruang gerak lawan yang akan merebut bola.  
• Tahap 2  
Teman satu tim menggiring bola ke arah yang bebas dari jangkauan lawan.  
• Tahap 3 
Teman satu tim menguasai bola, dan melihat situasi untuk melakukan passing 
• Tahap 4 
Dalam posisi bebas dari penjagaan lawan, meminta teman satu tim untuk mengoper bola dan dilanjutkan dengan melakukan shooting ke ring.  
 
c. Moving without The Ball (gerak tanpa bola) 

Geraktanpa bola bertujuan untuk mengecoh lawan, agar tidak fokus pada pemain membawa bola (satu tim). Selain itu, gerak tanpa bola juga digunakanuntuk mencari celah guna membantu rekan yang sedang membawa boladalam mengambil kepustusan melakukan shot atau passing.  
 
Gambar 3. 

Kegiatan Pembelajaran 3, pola penyerangan The Pick and Roll 
Sumber :basketballwiki.net 
 
Keterangan : 

d. Aktivitas pembelajaran pola serangan 
Alat : Bola basket standaratau bola karet yang dimodifikasi  
Lapangan : Lapangan basket atau area lapangan dengan memasang ring yang dimodifikasi  
Bermain bola voli 3 vs 3, dengan tahapan sebagai berikut : 
  1. Bersama-sama menyiapkan peralatan basket.  
  2. Membentuk kelompok dengan jumlah 6 orang. 
  3. 3 orang sebagai pemain penyerang dan 3 pemain bertahan.   
  4. Pemain penyerang berusaha memasukan bola ke ring dengan pola serangan fastbreak, the pick and roll dan moving without the ball. 
  5. Pemain bertahan berusaha merebut bola, jika bola dapat direbut maka posisi beratahan bertukar menajdi tim penyerang.   
  6. Pergantian kelompok yang bermain dilakukan dengan menggunakan waktu.  
  7. Jika telah sampai pada waktu maksimal yang telah ditentukan, maka diganti dengan 6 orang dari kelompok lainnya untuk bermain.  
  8. Pergantian kelompok bermain terus dilakukan hingga semua peserta didik mempraktikan pola serangan tersebut.  
  9. Jika semua peserta didik telah mempraktikan aktivitas pembelajaran 3 vs 3, maka jumlah pemain ditambah menjadi 5 vs 5 sesuai dengan jumlah pemain basket.  
Gambar 4. 
Kegiatan Pembelajaran 3, aktivitas pemvelajaran bermain 3 vs 3 
 
Gambar 5.  

Kegiatan Pembelajaran 3, aktivitas pemvelajaran bermain 5 vs 5 
 
Keterangan : 
  
2. Pola Pertahanan Basket 

Dalam permainan bola basket ada beberapa strategi pertahanan yang bisa diterapkan. Pola pertahanan yang paling terkenal adalah man to man defense dan zone defense. Tujuan utama pertahanan adalah memblokirdan merebut bola dengan cara sportif, agar lawan tidak mampu mencetak poin. Untuk lebih jelasnya berikut akan dibahas pola serangan dalam permainan basket. 

a. Man to man defense 

Pola pertahanan man to man defense yaitu melakukan penjagaan satu lawan satu terhadap pemain yang memiliki posisi dan kondisi fisik yang sesuai. Misalnya, seorang point guard akan menjaga point guard saat dalam keadaan posisi bertahan. Man to man defense sangat efektif digunakan oleh tim yang memiliki pemain dengan kemampuan bertahan yang kuat. Kelebihan lain dari pola bertahan man to man defense adalah kesempatan untuk melakukan serangan balik cepat (fastbreak), setelah pemain bertahan dapat melakukan steal (mencuri bola) dari lawan. Man to man defense berdasarkan posisi pemain sebagai berkut : 

1. Small Forward 
Small forward akan lebih banyak beroperasi di sisi sayap saat tim dalam keadaan bertahan. Tentunya dengan sarat small forward lawan berada di wilayah itu, jika pemain lawan aktif bergerak maka small forward defense tetap mengikuti pergerakan lawan ke berbagai arah. 

2. Power Forward 
Power forward adalah post defender biasanya diisi oleh salah satu pemain berpostur tinggi dan kuat. Salah satu tugas utama power forward adalah menangkap bola yang memantul dari ring baik dalam keadaan bertahan maupun menyerang. Dalam posisi bertahan tugas lainnya memblok serangan yang datang dari lini pertama (guard). 

3. Center 
Center bertugas sebagai rebounder (bola pantul) dalam menjalankan strategi defense center akan sangat diuntungkan oleh keunggulan fisik, namun ketika center tersebut harus menjaga pemain besar lainnya, maka tugas utamanya adalah memastikan paint area tak bisa ditembus. 
 
Gambar 6. 
Kegiatan Pembelajaran 3, Man to man defense berdasarkan posisi pemain 
Sumber gambar : www.firmanwinardi.com 
 
Berikut merupakan gambar posisi pada saat melakukan man to man defense: 
 
Gambar 7. 

Kegiatan Pembelajaran 3, Pola pertahanan manto man defense 
Sumber :www.owayo.co.uk/magazine/basketball-strategy-tactics-en.htm 

b. Zone defense 
Pertahanan zone adalah pertahanan dengan melakukan penjagaan tidak fokus pada satu lawan tetapi pada satu area atau zone posisi masing-masing. Setiap pemain memiliki tujuan untuk mengontrol area sendiri. Seperti point guard dan shooting guard menjaga area luar, small forward dan power forward menjaga area wing (sisi kanan-kiri) dan center menjaga paint area. Jika lawan keluar dari area tersebut, maka tanggung jawab pemain bertahan lainnya untuk menghadang lawan tersebut. 
 
Gambar 8. 

Kegiatan Pembelajaran 3, paint area 
Sumber gambar : http://belajarmainbasket.blogspot.com/2012/08/istilah 
 
Prosedur dasar dalam pertahanan zone adalah menjaga lawan ketika memasuki area sendiri, ketika pemain lawan keluar dari area pertahanan maka, pemain bertahan tetap di area sendiri tidak mengikuti gerak lawan. Berbeda dengan man to man defense yang mengikuti pergerakan lawan. Pola pertahanan terus berkembang hingga terbentuk beberapa formasi, diantaranya sebagai berikut :  
 
Gambar 9.
Kegiatan Pembelajaran 3. 
Polapertahanan zone defense dengan berbagai forrmasi 
Sumber gambar : https://protips.dickssportinggoods.com 

c. AktivitasPembelajaran Pola Pertahanan Baket 
Alat : Bola basket standar atau bola karet yang dimodifikasi  
Lapangan : Lapangan basket atau area lapangan dengan memasang ring yang dimodifikasi     
Bermain bola voli 4 vs 4, dengan tahapan sebagai berikut : 
  1. Bersama-sama menyiapkan peralatan basket.  
  2. Membentuk kelompok dengan jumlah 8 orang. 
  3. 4 orang sebagai pemain betahan dan 4 pemain penyerang.   
  4. Pemain penyerang berusaha memasukan bola ke ring dengan pola serangan man to man defense dan zone defense.  
  5. Pemain bertahan berusaha merebut bola, jika bola dapat direbut maka posisi beratahan bertukar menajdi tim penyerang.   
  6. Pergantian kelompok yang bermain dilakukan dengan menggunakan waktu.  
  7. Jika telah sampai pada waktu maksimal yang telah ditentukan, maka diganti dengan 6 orang dari kelompok lainnya untuk bermain.   
  8. Pergantian kelompok bermain terus dilakukan hingga semua peserta didik mempraktikan pola serangan tersebut.  
  9. Jika semua peserta didik telah mempraktikan aktivitas pembelajaran 3 vs 3, maka jumlah pemain ditambah menjadi 5 vs 5 sesuai dengan jumlah pemain basket.  
Kegiatan Pembelajaran 3. 

Aktivitas pembelajaran pola pertahanan zone defense dengan game 4 vs 4 
Sumber gambar : https://www.basketballcoachweekly.net  
 
Gambar 11. 
Kegiatan Pembelajaran 3. 
Aktivitas pembelajaran polapertahanan zone defense dengan game 5 vs 5 
Sumber gambar : https://www.basketballcoachweekly.net 

C. Rangkuman 

Bola basket adalah permainan tim yang membutuhkan kerjasama untuk memperoleh poin dan kemenangan secara sportif. Taktik dan strategi sangat berperan penting dalam membentuk tim yang solid agar pola penyerangan atau pertahanan tersusun dengan baik. Taktik dalam prermainan bola basket diartikan sebagai semua gerak teknikyang terorganisir untuk menyerang dan bertahan, digunakan oleh pemain untuk mendapatkanpoin. Sedangkan strategi merupakan siasat jangka panjang yang dilakukan sebelum, saat dan setelah pertandingan.Strategi yang diterapkan bisa dengan pola menyerang maupun pola bertahan. 
 
Pola serangan yang digunakan dalam permainan basket diantaranya yaitu fastbreak (serangan cepat) dan moving without the ball  (gerak tanpa bola). Sedangkan pola bertahan yaitu dengan menerapkan pola taktik dan strategi man to man defence dan zone defense. 
 
Pola penyerangan dan pertahanan dalam permainan basket telah kalian pelajari dengan cermat dan teliti. Begitupula pelaksanaan praktik yang tersusun sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengetahui kemampuan dalam memahami, mempraktikan dan sikap kalian dalam proses pembelajaran maka pada materi selanjutkan kalian akan mengisi soal yang telah dibuat. Pelajari dengan cermat dan teliti agar memperoleh hasil maksimal.  
 

D. Penugasan Mandiri  

Anak-anakku yang hebat untuk mengetahui keterampilan kalian dalam mempelajari pola serangan dan pertahanan permainan bola basket, di bawah ini ada tugas gerak yang harus kalian praktikan dengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotongroyong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif. Berikut pemaparan materi soal penugasan mandiri yang akan kalian praktikan: Buatlah kelompok dengan jumlah 4 orang (2 orang tim menyerang, 2 orang tim bertahan) 
1. Tim penyerang : coba kalian rancang pola serangan the pick and roll … 
2. Tim bertahan : merancang pola serangan man to man defense … 
3. Praktikan dengan cara bermain 2 vs 2 (tim penyerang vs tim bertahan) dengan menerapkan pola rancangan yang telah di buat … 
 

E. LatihanSoal 

Anak-anakku yang hebat, silahkan kerjakan soal latihan berikut dengan caramemberikan tanda silang (X) pada jawaban yang paling tepat dari opsi jawaban yang tersedia! 
 
1. Pola serangan cepat dilakukan dengan mengalirkan bola ke depan secepat mungkin dalam situasi pertahanan lawan belum maksimal karena sedang keluar dari posisinya/atau melakukan serangan.Penjelasan tersebut merupakan pejelasn dari … 
A. counter attack  
B. shooting guard 
C. the pick and roll 
D. man to man defence 
E. fast break 
 
2. Perhatikan gambar di bawah ini ! 
Saat melakuan serang cepat (fast break) dalam permainan bolabasket, seorang pemain sebaiknya tidak mengoper bola pada pemain yang berada di depan menggunakan teknik yang ditujunkan pada gambar … 
A. (a) 
B. (b) 
C. (c) 
D. (d) 
E. (a) dan (c) 

3. Perhatikan gambar dibawah ini ! 


Istilah pick and roll pada pola serangan permainan basket adalah … 
A. menjaga pergerakan lawan dengan mengikuti ke segala arah 
B. salah satu pemain berpostur tinggi dan kuat yang tugas utamanya adalah menangkap bola yang memantul dari ring baik dalam keadaan bertahan maupun menyerang.  
C. berusaha untuk memblokir atau menutup jalur lawan yang akan merebut bola sehingga memberikan ruang bebas pada teman satu tim 
D. upaya mengelabui lawan dengan gerakan berputar ke kanan dan ke kiri, dengan satu tumpuan kaki sebagai penopang 
E. menjaga ketat lawan agar tidak masuk kepaint area.  

4. Melakukan penjagaan satu lawan satu terhadap pemain yang memiliki posisi dan kondisi fisik yang sesuai merupakan pola dalam permainan basket yaitu   
A. man to man defence 
B. fast break 
C. counter attack  
D. Kombinasi serangan 
E. the pick and roll 
 
5. Menjaga lawan ketika memasuki area sendiri, ketika pemain lawan keluar dari area pertahanan maka, pemain bertahan tetap di area sendiri tidak mengikuti gerak lawan. 
A. man to man defence 
B. fast break 
C. counter attack  
D. Zone defense 
E. the pick and roll 

Kunci Jawaban
1. E HAL 27 
2. D HAL 27 
3. C HAL 28 
4. A HAL 32 
5. D HAL 30 
 

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda √ pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasainya. 
 
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Merancang Dan Mempraktikkan Permainan Bola Besar Basket Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Merancang Dan Mempraktikkan Basket File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh rpp permainan bola besar
      • rpp bola basket dribbling k13
      • tujuan pembelajaran permainan bola besar
      • kompetensi dasar permainan bola besar
      • menganalisis merancang, dan mengevaluasi taktik dan strategi permainan bola voli
      • contoh rpp bola basket kurikulum 2013 sd
      • rpp bola basket kelas 7
      • rpp bola basket passing k13 sma
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022