ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Merancang Dan Mempraktikkan Permainan Bola Besar Sepak Bola Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA

Materi Merancang Dan Mempraktikan Permainan Bola Besar Sepak Bola Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, kebetulan pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah disiapkan yaitu materi tentang Merancang Dan Mempraktikan Hasil Rancangan Pola Penyerangan Dan Pertahanan Salah Satu Permainan Bola Besar Sepak Bola yang disusun dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk adik adik yang duduk dibangku kelas XII SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Merancang Dan Mempraktikkan Permainan Bola Besar Sepak Bola Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA
Materi Merancang Dan Mempraktikkan Permainan Bola Besar Sepak Bola Mapel PJOK kelas 12 SMA/MA

Permainan bola besar sepak bola, bola voli dan basket merupakan permainan tim atau kelompok. Sebuah tim membutuhkan taktik dan strategi dalam bertanding yang bertujuan untuk mempermudah kerja sama, agar kesempatan menang lebih besar.  

Strategi merupakan siasat jangka panjang yang dilakukan sebelum, saat dan setelah pertandingan. Strategi yang diterapkan bisa dengan pola menyerang maupun pola bertahan. Sedangkan taktik adalah suatu siasat atau pola pikir dalam menerapkan teknik-teknik yang telah dikuasai dalam bermain untuk menyerang lawan secara sportif untuk memperoleh kemenangan. Taktik bisa juga diartikan sebagai siasat yang dipakai untuk menembus pertahanan lawan secara sportif sesuai dengan kemampuan yang dimiliki pemain.  
Secara umum, permainan tim membutuhkan kerjasama yang baik dari pemainnya baik dalam situasi menyerang maupun bertahan. Oleh karena itu, diharapkan dengan mempelajari Materi ini kalian dapat mencermati, memahami dan mampu merancang secara mandiri maupaun kelompok pola serangan dan pola bertahan permainan bola besar sepak bola, bola voli dan basket.  

Dalam Materi ini kalian akan mempelajari tentang taktik-strategi dalam bermain sepak bola, bola voli dan basket serta praktik latihan yang dapat pelajari secara mandiri maupun kelompok. Sepak bola, bola voli dan basket merupakan permainan yang banyak digemari. Terutama permainan sepak bola dengan aktivitas gerak dan teknik yang mudah dilakukan. Begitupun permianan bola voli hingga pelosok negeri permainan ini sering dipertandingkan dalam turnamen-turnamen di desa-desa. Tak terkecuali permainan basket juga bisa dilakukan dengan memodifikasi bola dan ring yang lebih sederhana. 
 
Secara singkat sebelumnya dibahas bahwa permainan bola besar sepak bola, bola voli dan basket merupakan perminan tim atau kelompok. Sebuah tim membutuhkan taktik dan strategi dalam bertanding yang bertujuan untuk mempermudah kerja sama dengan teman satu tim, agar kesempatan menang lebih besar. Taktik dan strategi diterapkan dalam pola serangan dan pola bertahan.  

Dalam permainan sepak bola, pola serangan yang digunakan bisa melalui sisi sayap kanan dan kiri dengan bola-bola lambung, counter attack atau bisa juga dengan umpan-umpan pendek di area tengah dengan istilah lainnya tiki-taka. Pola serangan di padukan dengan bermacam-macam formasi yang dapat diterapkan seperti 4-3-3, 3-4-3 dan formasi lainnya. Sedangkan pola bertahan bisa dengan man to man defence, zone defence dan kombinasi yaitu memadukan taktik man to man defence dan zone defence. 
 
Selanjutnya pola serangan dan bertahan dalam permainan bola voli dengan menerapkan strategi yang mencakup taktik secara individu maupun tim. Seperti pola serangan dengan sistem 4 spiker two setter, 5 spiker one setter dan sistem lainnya dengan melakukan smash/spike dari depan dan juga belakang garis 3 meter. Pola bertahan dengan sistem 1, 2, 3 block (membendung serangan lawan), cover (menutup area kosong agar bola tidak jatuh) dan libero (pemain yang bertugas untuk menahan serangan lawan dan tidak dianjurkan untuk melakukan serangan). 
 
Selanjutnya, pernahkah kalian menonton pertandingan bola basket di televisi atau secara langsung? terkadang kita melihat seperti sekelompok pemain yang saling melempar/mengumpan atau dengan cepat menggiring bola kemudian memasukan bola tersebut ke ring. Akan tetapi, proses tersebut ternyata menggunakan pola yang terorganisir baik dalam situasi penyerangan maupun bertahan. Pola penyerangan dan bertahan diterapkan bertujuan membentuk tim yang solid dalam upaya memperoleh poin sebanyak-banyaknya hingga meraih kemenangan secara sportif. Seperti yang telah dibahas pada deskripsi singkat materi dalam Materi ini, dijelaskan bahwa taktik dalam premainan bola basket diartikan sebagai semua gerak teknik basket yang terorganisir untuk menyerang dan bertahan, digunakan oleh pemain untuk mendapatkanpoin sedangkan strategi merupakan siasat jangka panjang yang dilakukan sebelum, saat dan setelah pertandingan dalam situasi penyerangan maupun bertahan. Pola serangan yang digunakan dalam permainan basket diantaranya yaitu pola moving of the ball (gerak tanpa bola dengan mencari ruang), fastbreak (serangan cepat) dan pola lainnya. Sedangkan pola bertahan bisa dengan menerapkan  man to man defense, zone defense dan kombinasi yaitu memadukan taktik man to man defense dan zone defense. Pola-pola tersebut kalian pelajari dengan cermat dan teliti agar dalam pelaksanaan praktik tersusun sesuai dengan yang diharapkan.  

Baca juga - Soal Olahraga Beladiri Pencak Silat

Istilah
  • Block : Seseorang yang membendung pukulan smash/spike dari lawan 
  • Change player : Game pergantian tim 
  • Dribbling : Teknik dasar menggiring bola dalam permainan basket dasn sepak bola 
  • Fast Break : Operan kilat atau serangan cepat 
  • Libero : Pemain belakang, dan di anggap sebagai salah satu pemain khusus. Pemain ini hanya bermain pada barisan belakang. Libero tidak dapat mengumpan bola ke penyerang pada garis depan atau garis serangan dan tidak di perbolehkan menyerang bola dari atas puncak net. 
  • Man to man defense : Setiap pemain membayangi satu lawan (satu lawan satu) baik dalam sepak bola maupun basket 
  • Moving without The Ball Teknik menutup ruang gerak lawan untuk merebut bola 
  • Point Guard : posisi pemain sebagai playmaker tim, pemain yang mengatur ritme permainan serta yang biasanya paling sering menciptakan assist. 
  • Power forward : pemain yang bermain sangat dekat dengan ring baik dalam posisi menyerang atau bertahan 
  • Power forward : Posisi dalam permainan bola basket yang diisi oleh salah satu pemain berpostur tinggi dan kuat. 
  • Quicker : Pemain yang bertugas untuk menyerang bola-bola cepat dengan keadaan yang tidak tinggi (0-0,5 meter) di atas net 
  • Rebound : Seorang pemain mendapatkan bola pantul yang gagal masuk ke dalam keranjang 
  • Service bola voli : Merupakan istilah untuk pukulan pertama/memulai pertandingan 
  • Shooting guard : merupakan penembak yang baik dari garis perimeter (daerah sekitar batas garis tiga angka). 
  • Spike/Smash : Sebuah pukulan yang kuat dan diarah kan dengan keras yang bertujuan untuk mengembalikan bola ke dalam lapangan tim lawan. 
  • Small forward : salah satu posisi dalam permainan bola basket yang membutuhkan pemain dengan berbagai variasi kemampuan. 
  • Zone defense : Setiap pemain bertanggung jawab atas daerah pertahanannya dalam permainan basket dan sepak bola 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari modulkegiatan pembelajaran 1, diharapkankalian dapat : 
  1. Memahami pola serangan dan bertahan permainan bola besar sepak bola. 
  2. Merancang pola serangan dan bertahan permainan bola besar sepak bola. 
  3. Mempraktikan pola serangan dan bertahan permainan bola besar sepak bola. 
  4. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotongroyong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif selama bermain permainan sepak bola.  

B. Uraian Materi 

Dalam modul kegiatan pembelajaran 1 akan membahas tentang pola penyerangan dan pertahanan permainan sepak bola. Perlu kalian ketahui bahwa pola penyerangan dan pertahanan dalam sepak bola dilakukan secara berkesinambungan. Oleh kaena itu, taktik dan strategi penyerangan dan pertahanan permainan sepakbola mesti dipahami dan dipelajari terlebih dahulu agar bisa dipraktikan dengan benar. 


1. Pola Penyerangan Sepak bola 

Seperti kalian ketahui bahwa permainan sepak bola adalah permainan tim yang bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan secara sportif, hingga memperoleh kemenangan. Untuk membentuk tim yang solid maka diperlukan pola dalam melakukan penyerangan. Pola penyerangan diartikan sebagaibentuk susunan pemain yang dipasang untuk melakukan serangan dan mencetak gol atau memasukkan bola gawang lawan. Macam-macam pola penyerangan dalam permainan sepak bola, sebagai berikut: 

a. Taktik mencari ruang kosong 

Beruapaya untuk mencari ruang kosong dari marking atau penjagaan pemain lawan.  Seperti pola yang dimainkan pemain no 1 dan 2 pada gambar di bawah ini : 
 
Gambar 1. 

Taktik mencari ruang kosong 
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=4kvW6Q2-Xs8 

Baca juga - Soal Senam Ketangkasan

 
b. Pola tersusun, baik dalam situasi menggiring bola maupun tidak.  

Posisi menyerang besamaan baik yang menguasai bola dan yang tidak menguasai bola (memanfaatkan lebar lapangan).  
 
Gambar 2.  
Gambar 2.  
Pola tersusun dalam penyerangan sepak bola Sumber : https://remajaonline.com 
 
c. Taktik bermain ketat (jeli dalam melihat peluang)  

Walau dalam situasi tinggal berhadapan dengan goalkeeper lawan, pemain nomor 2 melihat posisi nomor 1 lebih besar peluang untuk mencetak goal.   
 
Gambar 3.  
Gambar 3.  
Jeli dalam melihat peluang 
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=4kvW6Q2-Xs8 

Baca juga - Soal Aktivitas Gerak Berirama

 
d. Pola penyerangan sepak bola dapat dilakaukan dengan catatan harus ada : 
  1. Pemain yang mengatur serangan. 
  2. Pemain yang membantu serangan. 
  3. Pemain yang tugasnya adalah mencetak gol.  
  4. Pemain yang tugasnya adalah memancing pemain bertahan lawan, untuk meloloskan timnya dalam menyusun ritme serangan.  
e. Aktivitas pembelajaran pola penyerangan dalam  sepak bola. Aktivitas pembelajaran leve 1, games change player 5 vs 5.  
Alat : Bola plastik/bola standar, cone atau benda lain yang dapat digunakan untuk gawang. 
Lapangan : 5 x 5 meter 
Tahapan pelaksanaan games change player, sebagai berikut : 
  1. Kalian membuat kelompok dengan jumlah 7 orang, 4 orang sebagai regu penyerang, 2 orang sebagai regu bertahan dan 1 orang sebagai penjaga gawang. 
  2. Membuat lapangan bersama-sama dengan ukuran 5 x 5 meter. 
  3. Bermain dengan aturan ; 4 orang berusaha untuk menyerang memasukan bola ke gawang dan 2 orang bertahan dengan berupaya merebut bola. 
  4. Berupaya bermain menyerang dari sisi sayap.  
  5. Tentukan waktu bermain dan jumlah goal masuk. 
  6. Jika sudah masuk sebanyak 2 goal, maka regu bertahan diganti (change player) dengan tim bertahan lain.  
  7. Jika dalam waktu yang sudah ditentukan tidak ada goal, maka tim yang penyerang yang di ganti (change player) dengan tim lain.
Gambar 4.
 
Pembelajaran level 1 games change player 
Sumber : http://ayolatihanbola.blogspot.com 
 
Aktivitas pembelajaran level 2, games change player 6 vs 4.  
Alat : Bola plastik/bola standar, cone atau benda lain yang dapat digunakan untuk gawang. 
Lapangan : 9 x 9 meter 

Baca juga - Soal Renang

 
Tahapan pelaksanaan games change player, sebagai berikut : 
  1. Kalian membuat kelompok dengan jumlah 10 orang, 6 orang sebagai regu penyerang, 3 orang sebagai regu bertahan dan 1 orang sebagai penjaga gawang. 
  2. Membuat lapangan bersama-sama dengan ukuran 9 x 9 meter. 
  3. Bermain dengan aturan ; 4 orang berusaha untuk menyerang memasukan bola ke gawang dan 2 orang bertahan dengan berupaya merebut bola. 
  4. Bermain menyerang dengan bola-bola pendek (passing pendek).    
  5. Tentukan waktu bermain dan jumlah goal masuk. 
  6. Jika sudah masuk sebanyak 2 goal, maka regu bertahan diganti (change player) dengan tim bertahan lain.  
  7. Jika dalam waktu yang sudah ditentukan tidak ada goal, maka tim yang penyerang yang di ganti (change player) dengan tim lain.  
Gambar  5. 
Pembelajaran level 2 games change player 
Sumber : http://ayolatihanbola.blogspot.com 
 
2. Pola Pertahanan Sepak bola 

Taktik pertahanan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan, kelompok, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan menahan serangan lawan agar tidak mengalami kekalahan atau kelelahan dalam pertandingan.Taktik pertahanan dapat dibedakan menjadi:
 
a. Man to man defense, setiap pemain membayangi satu lawan (satu lawan satu). 
 
Gambar 6.  
Pembelajaran level 2 games change player 
Sumber : https://olahragapedia.com 



 
b. Zone defense, setiap pemain bertanggung jawab atas daerah pertahanannya. 
 
Gambar 7.  

Zone defense dengan formasi 4-4-2 

c. Kombinasi yaitu taktik man to man defense dan zone defense dipadukan.  

Syarat kombinasi menerapkan taktik dalam pertandingan harus paham terlebih dahulu tentang taktik yang akan digunakan baik secara individu atau tim, penjelasan tentang taktik sebagai berikut:  

1. Taktik Perorangan 
Taktik perorangan diartikan sebagai siasat yang dilakukan oleh seorang pemain dalam menggunakan kemampuan fisik, teknik dan mental yang dilakukan dengan proses yang cepat untuk menghadapi masalah yang terjadi dalam suatu pertandingan. 

2. Grup Taktik 
Grup taktik diartikan suatu siasat yang dijalankan dua orang pemain atau lebih dalam melakukan pertahanan dan penyerangan untuk mencari kemenangan secara sportif pada suatu pertandingan. 

3. Kolektif Taktik 
Kolektif taktik diartikan suatu siasat yangdijalankan oleh suatu regu dalam menjalin kerja sama untuk mencari kemenangan dalam suatu pertandingan. 
 
3. Aktivitas pembelajaran pola pertahanan dalam sepak bola 

Aktivitas pembelajaran leve 1, games change player 4 vs 4.  
Alat : Bola plastik/bola standar, cone atau benda lain yang dapat digunakan untuk gawang. 
Lapangan : 5 x 5 meter 
Tahapan pelaksanaan games change player, sebagai berikut : 
  1. Kalian membuat kelompok dengan jumlah 9 orang, 4 orang sebagai regu penyerang, 4 orang sebagai regu bertahan dan 1 orang sebagai penjaga gawang. 
  2. Membuat lapangan bersama-sama dengan ukuran 5 x 5 meter. 
  3. Bermain dengan aturan; 4 orang berusaha untuk menyerang memasukan bola ke gawang dan 4 orang bertahan dengan berupaya merebut bola. 
  4. Berupaya bermain dengan pola man to man defense.   
  5. Tentukan waktu bermain dan jumlah goal masuk. 
  6. Jika sudah masuk sebanyak 2 goal, maka regu bertahan diganti (change player) dengan tim bertahan lain.  
  7. Jika dalam waktu yang sudah ditentukan tidak ada goal, maka tim yang penyerang yang di ganti (change player) dengan tim lain.  
Gambar 8. 
Pola pertahanan man to man defense  
Sumber : http://ayolatihanbola.blogspot.com 
 
Aktivitas pembelajaran leve 2, games change player 4 vs 4.  
Alat : Bola plastik/bola standar, cone atau benda lain yang dapat digunakan untuk gawang. 
Lapangan : 5 x 5 meter 

Baca juga - Soal Permainan Bola Kecil

 
Tahapan pelaksanaan gameschange player, sebagai berikut : 
  1. Kalian membuat kelompok dengan jumlah 9 orang, 4 orang sebagai regu penyerang, 4 orang sebagai regu bertahan dan 1 orang sebagai penjaga gawang. 
  2. Membuat lapangan bersama-sama dengan ukuran 5 x 5 meter. 
  3. Bermain dengan aturan ; 4 orang berusaha untuk menyerang memasukan bola ke gawang dan 4 orang bertahan dengan berupaya merebut bola. 
  4. Berupaya bermain dengan pola man to man defense.   
  5. Tentukan waktu bermain dan jumlah goal masuk. 
  6. Jika sudah masuk sebanyak 2 goal, maka regu bertahan diganti (change player) dengan tim bertahan lain.  
  7. Jika dalam waktu yang sudah ditentukan tidak ada goal, maka tim yang penyerang yang di ganti (change player) dengan tim lain.  
Gambar 9.  

Pola pertahanan Zone defense 
Sumber : http://ayolatihanbola.blogspot.com 
 
4. Formasi dalam bermain sepakbola 

Dalam menerapkan pola penyerangan dan pertahanan maka harus sesuai dengan formasi yang dipilih. Formasi (sistem) dalam permainan sepakbola yang ditetapkan pada peratuaran sepakbola adalah cara penempatan, ruang gerak serta pembagian tugas dari setiap pemain dengan posisi yang di tempatinya. Hal tersebut berlaku baik pada saat melakukan penyerangan maupun pada waktu melaksanakan pertahanan. Dengan sistem ini, setiap pemain telah mengetahui tugas utamanya, daerah atau ruang gerak masing-masing, memahami apa yang harus dilakukan pada saat menyerang atau bertahan dan kemana harus bergerak. 
 
Dengan formasi, maka pola penyerangan dan pertahanan akan terkoordinir dengan rapi dan kerja sama akan jauh lebih terarah. Setiap formasi mempunyai ciri-ciri dan menuntut kualitas atau tingkat kemampuan pemain yang berbedabeda. Bahkan setiap posisi pemain dalam sistem tertentu memerlukan kualitas pemain yang tidak sama. 

Baca juga - Soal Atletik

 
Beberapa contoh formasi yang biasa dilakukan dalam permainan sepakbola, sebagai berikut: 
  • Formasi 4-4-2 (4 pemain belakang, 4 pemain tengah, dan 2 pemain depan) 
  • Formasi 4-4-1-1 (4 pemain belakang, 4 pemain tengah, dan 2 pemain depan) 
  • Formasi 4-2-4 (pemain belakang, 2 pemain tengah, dan 4 pemain depan 
  • Formasi 4-3-2-1 (4 Pemain belakang , 3 pemain tengah, 2 pemain tengah serang, 1 pemain depan) 
  • Formasi 4-3-2-1 (4 Pemain belakang, 3 pemain tengah, 1 pemain tengah serang, 2 pemain depan) 
  • Formasi 3-4-3 (3 pemain belakang, 4 pemain tengah, 3 pemain depan) 
  • Formasi 3-5-2 (3 pemain belakang, lima pemain tengah, 2 pemain depan) 

C. Rangkuman 

Sepak bola merupakan cabang olahraga tim, yang mengandalkan kerjasama dalam bertanding untuk meraih kemenangan dengan mencetak goal sebanyak-banyaknya. Pola penyerangan dalam sepak bola merupakan taktik dan strategi yang digunakan untuk mencetak gol. Pola ini dapat berkaitan dengan formasi yang digunakan atau taktik yang dipakai oleh sebuah tim. Dalam membahas pola penyerangan sepakbola, maka hal-hal yang menjadi perhatian utama adalah cara memulai serangan, arah serangan, cara menyerang dan komposisi penyerang yang digunakan. 



 
Berbagai taktik dan strategi dapat digunakan dalam permainan sepak bola. Secara umum taktik merupakan suatu siasat atau pola pikir dalam menerapkan teknikteknik yang telah dikuasai dalam bermain untuk menyerang lawan secara sportif dan memperoleh kemenangan. Taktik bisa juga diartikan sebagai siasat yang dipakai untuk menembus pertahanan lawan secara sportif sesuai dengan kemampuan yang dimiliki pemain.  
 
Dalam sepakbola taktik merupakan usaha untuk mengembangkan kemampuan berpikir, kreativitas, serta improvisasi untuk menentukan altenatif terbaik memecahkan masalah yang dihadapi dalam suatu pertandingan secara efektif, efesien, dan produktif dalam rangka memperoleh hasil yang maksimal yaitu sebuah kemenangan dalam pertandingan. Strategi adalah suatu siasat atau akal yang dirancang sebelum pertandingan berlangsung dan digunakan oleh pemain maupun pelatih untuk memenangkan pertandingan yang dilaksanakan secara sportif. Kedudukan strategi dalam sepak bola merupakan pendukung aspek taktik permainan. Dengan demikian, antara taktik dan strategi memiliki perbedaan, akan tetapi dalam pelaksanaannya keduanya saling berkaitan serta mendukung untuk mencapai tujuan yang sama yaitu memenangkan pertandingan. 

D. Penugasan Mandiri  

Anak-anakku yang hebat untuk mengetahui keterampilan kalian dalam mempelajari pola serangan dan pertahanan permainan sepak bola, di bawah ini ada tugas gerak yang harus kalian praktikan dengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif. Berikut pemaparan materi soal penugasan mandiri yang akan kalian praktikan : Buatlah kelompok dengan jumlah 8 orang (4 orang tim menyerang, 4 orang tim bertahan) 
1. Tim penyerang : coba kalian rancang pola serangan taktik mencari ruang kosong… 
2. Tim bertahan : merancang pola bertahanzone defense … 
Praktikan dengan cara bermain 4 vs 4 (tim penyerang vs tim bertahan) dengan menerapkan pola rancangan yang telah di buat … 

E. Latihan Soal 

Anak-anakku yang hebat, silahkan kerjakan soal latihan berikut dengan cara memberikan tanda silang (X) pada jawaban yang paling tepat dari opsi jawaban yang tersedia! 

1. Posisi menyerang bersamaan baik yang menguasai bola dan yang tidak menguasai bola (memanfaatkan lebar lapangan), merupaka pola serangan … 
A. taktik bermain ketat 
B. pola tersusun 
C. man to man marking 
D. counter attack 
E. pola serangan sayap  
 
2. Menggabungkan taktik man to man defense dan zone defense, merupakan pola pola pertahanan … 
A. kombinasi 
B. man to man marking 
C. counter attack 
D. grup taktik 
E. kolektif taktik 
 
3. Formasi dalam sepak bola yang tepat agar mampu bertahan dengan kuat dan solid adalah … 
A. 3-4-3 
B. 4-4-2 
C. 4-3-3 
D. 5-4-1 
E. 3-5-2 

 
4. Suatu siasat atau pola pikir dalam menerapkan teknik-teknik yang telah dikuasai dalam bermain untuk menyerang lawan secara sportif dan memperoleh kemenangan,  adalah … 
A. strategi 
B. taktik 
C. serangan sayap 
D. zone defense 
E. counter attack 
 
5. Pahami penj`elasan berikut : 
1. Pemain yang mengatur serangan. 
2. Pemain yang membantu serangan. 
3. Pemain yang tugasnya adalah mencetak gol.  
4. Pemain yang tugasnya adalah memancing pemain bertahan lawan, untuk meloloskan timnya dalam menyusun ritme serangan.  
 
Penjelasan diatas merupakan tahapan dalam … 
A. Pola penyerangan  
B. Pola pertahanan 
C. Serangan sayap 
D. Serangan umpan-umpan pendek 
E. Serangan bola lambung 

Kunci Jawaban
1.  B Hal 11 
2.  A Hal 13 
3.  D Hal 15 
4.  B Hal 13 
5.  A Hal 11 

Baca juga - Soal Senam Ketangkasan

 

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda ceklis (√) pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi/melakukan hal tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasai materi/melakukan hal tersebut! 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Menganalisis Bahaya Penyakit HIV & AIDS Mapel PJOK kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Menganalisis Bahaya Penyakit HIV & AIDS File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • formasi bertahan dalam sepak bola
    • formasi strategi penyerangan sepak bola
    • makalah menganalisis, merancang, dan mengevaluasi taktik dan strategi permainan bola besar
    • buatlah rangkuman tentang strategi dan taktik dalam permainan bola besar sepakbola
    • taktik pertahanan dalam sepak bola
    • mempertahankan ruang, mempertahankan daerah gawang, dan merebut bola. dalam sepak bola merupakan
    • menganalisis merancang, dan mengevaluasi taktik dan strategi permainan bola voli
    • strategi bertahan dalam sepak bola
    • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022


    Post a Comment

    Post a Comment