Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Dampak dan Penanggulangan Psikotropika Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA

Materi Dampak dan Penanggulangan Psikotropika Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA - Halo semuanya apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, kebetulan pada kesempatan yang cerah ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah disusun yaitu tentang Materi Dampak dan PenanggulanganPsikotropika terhadap kesehatan diri, lingkungan, dan masyarakat  dari Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Dampak dan Penanggulangan Psikotropika Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA
Materi Dampak dan Penanggulangan Psikotropika Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA

Obat diberikan oleh dokter kepada pasien dengan tujuan mengobati penyakit. Namun, obat justru sering disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak sakit. Tahukah Anda bahwa mengonsumsi obat-obatan psikotropika (narkoba) bisa berakibat fatal? Misalnya pemakaian heroin, obat ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit. Dokter menggunakan heroin untuk membius pasien sehingga proses anestesi berjalan lancar tanpa rasa sakit pasien. Bagaimana dampaknya bagi tubuh kit? untuk menjawabnya  kita bahas dan pelajari yuk pada modul ini.  Melalui modul ini kalian akan mempelajari tentang bahaya penggunaan senyawa psikotropika dan dampaknya terhadap kesehatan diri, lingkungan, dan masyarakat.  

Modul Psikotropika ini terdiri dari 2 kegiatan pembelajaran yang masing-masing memuat uraian materi yang disertai ilustrasi gambar, serta rangkuman materi. Selain itu pula terdapat soal latihan yang dapat kalian pelajari agar semakin menguasai kompetensi yang diinginkan. Pada akhir modul ini juga disediakan refleksi dan evaluasi untuk mengukur apakah kalian berhasil mencapai kompetensi yang diinginkan setelah belajar menggunakan modul ini. Untuk dapat menggunakan modul ini bacalah secara seksama dan cermat, kerjakan soal-soal latihan dan tugas mandiri sesuai petunjuk. Apabila nilai akhir Kalian  ≥ 80% maka kalian telah berhasil menguasai materi psikotropika. Selamat belajar. 

Istilah
  • Depresan : Obat yang menimbulkan efek seolah kerja sistem saraf berkurang, kesadaran menjadi turun, dan membuat ngantuk 
  • Ekstasi : Turunan dari amfetamin, berupa serbuk putih dan kuning, dibuat dalam tablet 
  • Halusinogen : Obat yang bisa membuat timbulnya halusinasi, pemakai bisa melhat atau mendengar sesuatu yang tidak terlihat 
  • Inhalasia : Gas yang dihirup 
  • NAPZA : Narkoitka, psikotropika, dan zat adiktif 
  • Narkotika : Zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman 
  • Psikotropika : Suatu zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika 
  • Stimulan : Obat yang menimbulkan rangsangan terhadap saraf yang menyebabkan pengguna lebih percaya diri 
  • Tar : zat yang bersifat karsinogen yang dapat menyebabkan iritasi pada paruparu 
  • Zat Adiktif : Zat atau obat yang dapat menyebabkan ketagihan (adiksi) 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan peserta didik mampu menjelaskan dampak psikotropika terhadap kesehatan diri, lingkungan, dan masyarakat.  

B. Uraian Materi 

Amatilah gambar berikut. Taukah kalian bahwa penyalahgunaan narkoba dapat memberikan dampak yang sangat besar bagi kesehatan kita. Taukah kalian penyebab dari terjadinya penyakit seperti yang terdapat pada gambar dibawah ini. Untuk memahami dampak dari penyalahgunaan narkoba pahami dengan baik materi berikut.  

Gambar 4. Dampak Penyalahgunaan Narkoba 

Gambar 4. Dampak Penyalahgunaan Narkoba 
 
Saat ini banyak beredar obat penenang dan penghilang rasa sakit. Mekanisme kerja obat ini secara umum adalah mempengaruhi sistem saraf. Ada obat yang menghilangkan rasa sakit, ada pula obat yang menimbulkan rasa menyenangkan atau menimbulkan halusinasi. Obat-obat ini disebut zat psikoaktif yang berguna bagi ilmu kedokteran jiwa untuk mengobati penyakit mental dan saraf. Jika zat psikoaktif digunakan secara ilegal akan menyebabkan masalah serius karena dapat mempengaruhi otak dan perilaku pemakainya. Penyalahgunaan zat psikoaktif ini dapat menyebabkan ketergantungan fisik yang disebut adiksi (ketagihan).  


Narkoba (narkotika, psikotropika, dan bahan-bahan berbahaya lainnya) atau NAPZA (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif) merupakan senyawa kimia yang dimasukkan kedalam tubuh melalui mulut, dihirup, atau melalui kulit. Narkoba dapat mempenagruhi kerja saraf dengan cara menurunkan atau meningkatkan aktivitas otak, menghilangkan rasa sakit, memberi efek senang, menenangkan, mengantuk, dan menimbulkan halusinasi.  

Sebenarnya NAPZA adalah obat kedokteran yang dilmu pengetahuan diperlukan untuk pengobatan. Berbeda dengan obat jenis lainnya, penggunaan NAPZA harus dilakukan dengan hati-hati dan harus di bawah pengawasan dokter. Banyak obat jenis NAPZA beredar di pasaran, misalnya ganja, sabu-sabu, ekstasi, dan pil koplo. 

Penyalahgunaan zat psikotopika dapat berdampak buruk bagi kesehatan, tidak hanya menyebabkan ketergantungan (adiksi), bahkan dapat menyebabkan berbagai penyakit dan kelainan psikis, psikologis, serta kematian. Pada umumnya ada dua efek obat-obatan dan narkoba terhadap sistem saraf yaitu memengaruhi bagian otak yang mengatur mental dan emosi (sistem limbik), dan menyebakan meningkat atau terhambatnya kerja neurotransmitter pada sinapsis. Selain itu salah satu dampak dari psikotropika ini adalah Mengalami gangguan pada kulit (dermatologis), antara lain penanahan (abses), alergi, dan eksim 
 
1) Dampak penyalahgunaan psikotropika: 

a. Gangguan Fisik (fisioneurologik) 
  • Toleransi tubuh, dalam pemakaian jangka panjnag jumlah zat yan sama tidak mampu menghasilkan rasa atau akibat yang sama 
  • Gejala penghentian pemakaian obat adalah rasa sakit disekujur tubuh seperti flu berat 
  • Mempercepat dan memperlambat denyut nadi, jantung, dan paru-paru yang dapat mengakibatkan kematian.  
  • Saluran napas akan terjadi radang paru dan pembengkakan paru.  
  • Jantung, terjadi peradangan oto jantung, penyempitan pembuluh darah jantung.  
  • Hati, terjadi Hepatitis B dan C yang menular melalui jarum suntik, hubungan seksual.  
  • Penyakit Menular Seksual dan HIV/AIDS. 
b. Psikologi 
  • Otak dan susunan saraf pusat yang berakibat pada gangguan daya ingat gangguan perhatian atau konsentrasi 
  • Gangguan bertindak rasional 
  • Gangguan persepsi sehingga menimbulkan halusinasi gangguan motivasi sehingga malas sekolah atau bekerja  
  • Gaangguan pengendalian diri sehingga sulit membedakan baik atau buruk 
  • Kemampuan berfikir rasionalmenurun drastis 
  •   Ketergantungan psikologis 
  • Gangguan mental dan emosional 
c. Ekonomi 
  • Membutuhkan uang yang sangat besar untuk memenuhi ketergantungan terhadap obat-obatan 
  • Negara dn masyarakat dirugikan dalam berbagai aspek, seperti keamanan, biaya kesehatan, dan kesempatan pendidikan 
d. Sosial 
  • Lingkungan Keluarga  
    • Sering terjadi pertengkaran dan mudah tersinggung.  
    • Orang tua resah karena barang berharga sering hilang.  
    • Perilaku menyimpang anak (berbohong, mencuri, tidak tertib, hidup bebas) dan menjadi aib keluarga.  
    • Putus sekolah atau menganggur karena dikeluarkan dari sekolah atau pekerjaan, sehingga merusak kehidupan keluarga, dan kesulitan keuangan.  
    • Orang tua menjadi putus asa karena pengeluaran uang meningkat untuk biaya pengobatan dan rehabilitasi.  
  • Lingkungan Sekolah 
    • Merusak disiplin dan motivasi belajar.  
    • Meningkatnya tindak kenakalan, membolos, dan tawuran pelajar.  
    • Memengaruhi peningkatan penyalahgunaan di antara sesama teman sebaya.  
  • Lingkungan Masyarakat  
    • Tercipta pasar gelap antara pengedar dan bandar yang mencari penggunanya.  
    • Pengedar atau bandar menggunakan perantara remaja atau siswa yang telah menjadi ketergantungan. 
    • Meningkatnya kejahatan di masyarakat, seperti perampokan, pencurian, dan pembunuhan yang membuat masyarakat menjadi resah. 
2) Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika dan Psikotropika 

Upaya penanggulangan penyalahgunaan narkotika dan psikotropika dapat dilakukan melalui beberapa cara berikut ini,  

1. Preventif (Pencegahan)  

Preventif dilakukan untuk membentuk masyarakat yang mempunyai ketahanan dan kekebalan terhadap narkoba. Pencegahan adalah lebih baik daripada pemberantasan. Pencegahan penyalahgunaan narkoba dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti pembinaan dan pengawasan dalam keluarga, penyuluhan oleh pihak yang kompeten baik di sekolah dan masyarakat, pengajian oleh para ulama, pengawasan tempattempat hiburan malam oleh pihak keamanan, pengawasan distribusi obat-obatan ilegal dan melakukan tindakan-tindakan lain yang bertujuan untuk mengurangi atau meniadakan kesempatan terjadinya penyalahgunaan narkoba. 

2. Kuratif (Pengobatan) 

Kuratif bertujuan untuk penyembuhan para korban, baik secara medis maupun dengan media lain. Seperti tempat-tempat penyembuhan dan rehabilitasi pecandu narkoba, yaitu Pusat Rehabilitasi Narkoba.  

3. Rehabilitatif (Rehabilitasi)  

Rehabilitatif dilakukan agar setelah pengobatan selesai para korban tidak kambuh kembali “ketagihan” narkoba. Rehabilitasi berupaya menyantuni dan memperlakukan secara wajar para korban narkoba agar dapat kembali kemasyarakat dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. 

4. Represif (Penindakan)  

Represif artinya menindak dan memberantas penyalahgunaan narkoba melalui jalur hukum, yang dilakukan oleh para penegak hukum atau aparat keamanan yang dibantu oleh masyarakat. Kalau masyarakat mengetahui harus segera melaporkan kepada pihak berwajib dan tidak boleh ada main hakim sendiri 

C. Rangkuman 

  1. Penyalahgunaan zat psikotopika dapat berdampak buruk bagi kesehatan, tidak hanya menyebabkan ketergantungan (adiksi), bahkan dapat menyebabkan berbagai penyakit dan kelainan psikis, psikologis, serta kematian 
  2. Dampak penyalahgunaan psikotropika meliputi gangguan fisik, psikologi, ekonomi dan sosial 
  3. Upaya penanggulangan penyalahgunaan narkotika dan psikotropika dapat dilakukan dengan cara preventif, kuratif, rehabilitatif, dan Represif. 

D. Penugasan Mandiri  

Jawablah pertanyaan berikut ini! 
  1. Penyalahgunaan psikotropika dapat memberikan dampak terhadap kesehatan salah satunya adalah gangguan psikis. Analislah gangguan psikis yang akan timbul berdasarkan informasi yang kalian peroleh! 
  2. Dampak terhadap penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan sangatlah besar. Apakah semua narkoba memberikan dampak negatif? Jelaskan menurut pendapatmu sebagai seorang pelajar dampak narkoba dalam kehidupan kalian. 
  3. Buatlah poster mengenai anti narkoba yang diperuntukkan bagi pelajar yang berisi mengajak pelajar untuk menjauhi narkoba dapat disertai gambar dan kata-kata beserta ajakan menolak penyalahgunaan narkoba. Kampanyekanlah poster kalian di lingkungan sekolah dan masyarakat.  

E. Latihan Soal  

Pilihlah jawaban yang paling tepat! 

1. Hal yang bukan merupakan dampak bentuk penyalahgunaan NAPZA bagi para pelajar adalah… 
A. Kesakitan yang hebat akibat berhenti memakai obat 
B. Rusaknya hubungan kekeluargaan  
C. Harta keluarga terkuras habis 
D. Kehilangan kesempatan pendidikan atau putus sekolah 
E. Mendapatkan rasa senang dan bahagia secara nyata 
 
2. Salah satu dampak penyalahgunaan NAPZA adalah gangguan fisik. Berikut adalah yang termasuk gangguan fisik akibat penyalahgunaan NAPZA adalah… 
A. Mempercepat atau memperlambat denyut nadi, jantung, dan paru-paru yang dapat mengakibatkan kematia 
B. Ketergantungan terhadap obat-obatan 
C. Ketergantungan psikologis 
D. Gangguan mental dan emosional 
E. Rusaknya hubungan kekeluargaan dan pertemanan.  
 
3. Berikut adalah beberapa dampak penyalahgunaan NAPZA: 
1) Penularan HIV, Hepatitis 
2) Membutuhkanuang yang sangat besar 
3) Kemampuan berfikir rasional mauoun drastis 
4) Gangguan mental 
Yang termasuk dampak penyalahgunaan NAPZA psikologis adalah… 
A. 1 dan 2 
B. 1 dan 3 
C. 1 dan 4 
D. 2 dan 3 
E. 3 dan 4 

4. Seorang pengguna narkoba mempunyai tanda-tanda sebagai berikut. 
(1) Sulit mengantuk 
(2) Denyut jantung cepat 
(3) Selalu berhalusinasi 
(4) Percaya diri 
Ciri fisik yang ditimbulkan pengguna ganja ditunjukkan oleh nomor .... 
A. (1) dan (2) 
B. (1) dan (3) 
C. (1) dan (4) 
D. (2) dan (3) 
E. (3) dan (4) 
 
5. Komplikasi medis pada suasana saraf yang diakibatkan dari penyalahgunaan narkoba adalah… 
A. Gangguan kecerdasaan 
B. Gangguan pengelihatan 
C. Gangguan daya ingat 
D. Hepatitis B 
E. Peradangan otot jantung 
 
Kunci Jawaban dan Pembahasan 

1. E 
Dampak penyalahgunaan NAPZA bagi pelajar antara lain : Kesakitan yang hebat akibat berhenti memakai obat, rusaknya hubungan kekeluargaan , harta keluarga terkuras habis, kehilangan kesempatan pendidikan atau putus sekolah 

2. A
Yang termasuk dampak penyalahgunaan NAPZA pada gangguan fisik yaitu :  
  • Toleransi tubuh, dalam pemakaian jangka panjnag jumlah zat yan sama tidak mampu menghasilkan rasa atau akibat yang sama 
  • Gejala penghentian pemakaian obat adalah rasa sakit disekujur tubuh seperti flu berat 
  • Mempercepat dan memperlambat denyut nadi, jantung, dan paru-paru yang dapat mengakibatkan kematian.  
  • Saluran napas akan terjadi radang paru dan pembengkakan paru.  
  • Jantung, terjadi peradangan oto jantung, penyempitan pembuluh darah jantung.  
  • Hati, terjadi Hepatitis B dan C yang menular melalui jarum suntik, hubungan seksual.  
  • Penyakit Menular Seksual dan HIV/AIDS.  
3. E
Dampak penyalahgunaan NAPZA pada psikologi 
  • Kemampuan berfikir rasionalmenurun drastis 
  • Ketergantungan psikologis 
  • Gangguan mental dan emosional 
4. A
Ganja merupakan golongan depresan (penenang), menekan atau mengurangi kerja sistem saraf sehingga menunrunkan aktivitas pemakaianya menjadi lambat atau tertidur. Ganja digunakan sebagai pereda rasa sakit dibidang kedokteran 

5. C
Pengaruh penyalahgunakan narkoba dapat mengakibatkan gangguan pada daya ingat 
 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Dampak dan Penanggulangan Psikotropika Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Dampak dan Penanggulangan Psikotropika File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • narkoba adalah
    • bahaya penyalahgunaan narkoba
    • dampak senyawa psikotropika bagi kesehatan diri
    • kiat-kiat menghindari penyalahgunaan napza
    • cara menghindari narkoba
    • cara mencegah penggunaan narkoba
    • cara menghindari penyalahgunaan narkoba
    • dampak penyalahgunaan narkoba