Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Zat Makanan Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA

Materi Zat Makanan Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, kebetulan pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah disusun yaitu materi tentang Materi Zat Makanan dari mata pelajaran Biologi yang dikhususkan untuk adik adik kelas 11 SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah.

Materi Zat Makanan Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA
Materi Zat Makanan Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA

Pada modul ini akan mempelajari sistem pencernaan yang terjadi pada tubuh manusia, tentunya kalian sudah mempelajari tentang bagaimana zat makanan itu diproses dan diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembeluh darah. Zat makanan yang kita makan harus dicerna atau dipecah menjadi molekul-molekul yang lebih kecil atau sederhana Agar dapat digunakan oleh sel-sel tubuh. Proses pencernaan tersebut berlangsung di dalam saluran pencernaan atau organ-organ pencernaan. Makanan dapat diserap oleh saluran pencernaan makanan dan diedarkan ke seluruh tubuh setelah berbentuk molekul-molekul yang kecil.  

Secara umum, pencernaan dibagi menjadi pencernaan secara mekanik dan pencernaan secara kimiawi. Pencernaan secara mekanik merupakan proses pencernaan makanan menjadi molekul yang lebih kecil tanpa melibatkan enzim. Contoh pencernaan secara mekanik yaitu gigi yang sedang mengunyah makanan dengan bantuan enzim. Adapun pencernaan secara kimiawi adalah proses pemecahan makanan dengan bantuan enzim. Organ-organ pencernaan terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan terdiri atas mulut, kerongkong (esofagus), lambung (ventrikulus), usus halus (intestinum), usus besar (kolon), dan anus. 


Gangguan sistem pencernaan adalah masalah yang terjadi pada saluran atau organ yang terlibat dalam pencernaan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi hingga naiknya asam lambung. Dalam modul ini akan dipelajari juga bagaimana keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada system pencernaan manusia. Selain dapat mempelajari berbagai kelainan/penyakit dalam kehidupan sehari-hari yang terkait sistem pencernaan manusia termasuk berbagai teknologi yang dapat digunakan untuk mengatasinya. 

Istilah
  • Abdomen : Bagian tubuh yang berisi organ-organ pencernaan. pada manusia antara diafragma dan pelvis 
  • Apendiks : Kantung kecil yang terletak pada sekum. 
  • Apendisitis : Radang appendiks usus buntu 
  • Anus : Pembukaan pada ujung sistem pencernaan yang kotoran (feses) keluar dari tubuh. 
  • Chyme : Makanan di perut yang sebagian dicerna dan dicampur dengan asam lambung, chyme melanjutkan perjalanan ke usus kecil untuk proses pencernaan lebih lanjut. 
  • Duodenum : Bagian pertama dari usus kecil dan berjalan dari perut ke jejunum. 
  • Empedu : Bahan kimia pencernaan yang diproduksi pada hati, disimpan dalam kantung empedu, dan disekresi ke dalam usus kecil. 
  • Enzin : Senyawa kimia organik yang dapat mempercepat reaksi tanpa ikut bereaksi. 
  • Epiglotis : Katup di bagian belakang lidah untuk menjaga makanan agar tidak masuk tenggorokan ke paru-paru. Ketika Anda menelan, epiglotis secara otomatis menutup. Ketika Anda bernapas, epiglotis terbuka sehingga udara bisa masuk dan keluar dari tenggorokan. 
  • Esofagus : Tabung panjang antara mulut dan perut. Menggunakan gerakan otot ritmik (disebut peristalsis) untuk memaksa makanan dari tenggorokan ke dalam perut 
  • Gastritis : Radang pada selaput lendir dinding lambung dan usus. 
  • Ileum : Bagian terakhir dari usus kecil sebelum usus besar dimulai. 
  • Jejunum : Bagian dari usus kecil yang panjang, melingkar pertengahan; jejunum antara duodenum dan ileum. 
  • Kandung empedu : Organ kecil seperti kantung yang terletak dekat duodenum. Yang menyimpan dan melepaskan empedu (bahan kimia pencernaan yang diproduksi di hati) ke dalam usus kecil. 
  • Kelenjar ludah : Kelenjar yang terletak di mulut yang memproduksi air liur. Air liur mengandung enzim yang memecah karbohidrat (pati) menjadi molekul yang lebih kecil. 
  • Kolon sigmoid : Bagian dari usus besar antara usus desent dan rektum. 
  • Kolon asendens : Bagian dari usus besar yang berjalan ke atas; terletak setelah sekum. 
  • Kolon desendens : Bagian dari usus besar yang berjalan ke bawah setelah colon transversum dan sebelum kolon sigmoid. 
  • Hati : Organ besar yang terletak di atas dan di depan perut. Hati menyaring racun dari darah, dan membuat empedu (yang memecah lemak) dan beberapa protein darah. 
  • Mulut : Bagian pertama dari sistem pencernaan, di mana makanan masuk ke dalam tubuh.  
  • Pankreas : Kelenjar yang memproduksi enzim terletak di bawah perut dan di atas usus. Enzim dari bantuan pankreas dalam pencernaan karbohidrat, lemak dan protein di usus kecil. 
  • Peristalsis : Gerakan otot ritmis yang memaksa makanan di kerongkongan dari tenggorokan ke dalam perut.  
  • Peritonitis : Radang rongga perut. 
  • Saluran pencernaan  : Bagian yang dilewati makanan, termasuk mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus  
  • Perut : Sebuah organ berotot seperti karung yang melekat pada kerongkongan. Baik pencernaan kimiawi dan mekanik terjadi pada perut. Ketika makanan dalam perut, itu bergejolak di dalam bercampur antara asam dan enzim. 
  • Rektum : Bagian bawah usus besar, di mana tinja disimpan sebelum dikeluarkan 
  • Sekum  : Bagian pertama dari usus besar; apendiks terhubung ke sekum 
  • Usus : Bagian dari saluran pencernaan yang terletak antara perut dan anus. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan Anda mampu: 
  1. Mengidentifikasi zat  makanan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia 
  2. Menjelaskan kandungan zat makanan yang diperlukan oleh tubuh manusia 
  3. Menguraikan fungsi zat makanan bagi tubuh manusia,  
  4. Mendeskripsikan dampak kekurangan gizi bagi tubuh 

B. Uraian Materi 

Pada dasarnya, semua makhluk hidup harus memenuhi kebutuhan energinya dengan cara mengkonsumsi makanan. Makanan tersebut kemudian diuraikan dalam sistem pencernaan. Zat makanan dapat dikelompokkan menurut jumlah yang dibutuhkan oleh makhluk hidup yaitu zat makanan makro dan zat makanan mikro. Zat makanan makro, yaitu zat makanan yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar, antara lain berupa karbohidrat, protein, lemak, dan air. Zat makanan mikro, yaitu zat makanan yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit, antara lain berupa vitamin dan mineral. 
 
Gambar 1.1 Menu Zat Makanan    https//images.app,goo.gl/gUEcL5GeuQqkEyYe
Gambar 1.1 Menu Zat Makanan    https//images.app,goo.gl/gUEcL5GeuQqkEyYe 

Makanan yang kita makan harus dicerna atau dipecah menjadi molekul-molekul yang lebih kecil atau sederhana agar dapat digunakan oleh sel-sel tubuh. Makanan mempunyai berbagai fungsi, antara lain: 
  1. Pertumbuhan dan perkembangan tubuh. 
  2. Pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh yang telah  rusakatau tua. 
  3. Pengaturan metabolisme tubuh. 
  4. Penjaga keseimbangan cairan tubuh. 
  5. Pertahanan tubuh terhadap penyakit. 
  6. Penghasil energi. 
Zat-zat Makanan  

1. Karbohidrat 

Apakah Anda setiap hari makan nasi? Nasi meupakan salah satu makanan pokok yang banyak mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai  sumber energi paling utama. 
 
Gambar 1.2 Zat Makanan yang Mengandung Karbohidrat - https//images.app,goo.gl/gUEcL5GeuQqkEyYe 

 Karbohidrat dibagi menjadi tiga macam, yaitu:  
  • Monosakarida merupakan karbohidrat yang memiliki susunan molekul paling sederhana, molekul gugus gula yang termasuk monosakarida yaitu glukosa, fruktosa dan galaktosa. Ketiga macam monosakarida tersebut banyak terdapat pada buah-buahan. Monosakarida adalah hasil akhir pemecahan dari karbohidrat yang lebih kompleks susunan molekulnya.   
  • Disakarida terdiri atas dua molekul monosakarida, contoh disakarida adalah sukrosa, maltose dan laktosa. Sukrosa banyak terdapat dalam gula pasir yang dikonsumsi, adapun maltose terdapat di dalam biji-bijian. Laktosa adalah karbohidrat yang terdapat dalam bahan makanan yang berasal dari hewan misalnya air susu. 
  • Polisakarida merupakan karbohidrat yang memiliki susunan molekul yang kompleks. Contoh polisakarida adalah pati, glikogen  dan selulosa. Pati banhyak terdapat di dalam umbi-umbian, glikogen banyak terdapat dalam otot dan hati hewan, sedangkan selulosa banyak terdapat di bagian serat tumbuhan. 
2. Protein 

Protein adalah zat makanan yang mengandung unsur karbon (C), hydrogen (H), oksigen (O) dan nitrogen (N).  Protein memiliki fungsi sebagai berikut: 
  • Sumber energi 
  • Sebagai zat pembangan dalam tubuh 
  • Berperan dalam sistesis zat=zat penting tubuh seperti hormone dan enzim 
  • Perbaikan dan pemeliharaan jaringan tubuh        

Gambar 1.2 Zat Makanan yang Mengandung Protein - https//images.app,goo.gl/gUEcL5GeuQqkEyYe
 
Sebelum diserap oleh tubuh, protein harus diubah dahulu menjadi asam amino. Asam amino dibagi menjadi dua macam yaitu asam amino esensial dan asam amino nonesensial. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat disintesis atau dibentuk oleh tubuh, jadi diperoleh melalui makanan. Sedangkan asam amino nonesensial yaitu asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh. Bahan makanan yang banyak mengandung protein dapat digolongkan menjadi dua macam yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang diperoleh dari hewan, seperti daging, telur dan ikan. Adapun protein nabati adalah protein yang diperoleh dari tumbuhan seperti kacangkacangan. 
 
3. Lemak 

Lemak sering disebut lipid dan tersusun atas unsur C, H dan O. Di dalam satu molekul lemak terdapat satu molekul gliserol dan tiga molekul asam lemak. Asam lemak debadakan menjadi dua yaitu asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh. Asam lemak jenuh banyak terdapat pada daging, keju, susu dan mentega. Sedangkan asam lemmak tak jenuh banyak terdapat pada minyak kedelai, minyak kelapa, ikan dan minyak goreng. 

Gambar 1.3 Zat Makanan yang Mengandung Lemak - https//images.app,goo.gl/gUEcL5GeuQqkEyYe 

Fungsi lemak bagi tubuh adalah: 
  • Marupakan sumber energi 
  • Sebagai pelarut vitamin A, D, E dan K 
  • Sebagai pelindung organ-organ tubuh 
  • Pembangun bagian sel 
  • Sebagai makanan cadangan 
Lemak memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna dibandingkan dengan karbohidrat dan protein. Oleh karena itu lemak akan lebih lama tinggal di lambung . 
 
4. Vitamin 

Vitamin adalah zat organic yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Meskipun diperlukan dalam jumlah sedikit, vitamin memiliki peran sangat penting bagi tubuh seperti untuk kesehatan mata dan tulang. Semua jenis vitamin dapat dibagi menjadi dua golongan besar yaitu vitamin yang larut dalam air (vitamin B dan C) dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E dan K). Untuk lebih memahami jenis vitamin dan fungsunya, perhatikan table berikut. 
 
Tabel 1. 1. Macam-Macam Vitamin 
 
5. Mineral 

Mineral diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang relative sedikit. Sumber mineral dapat berasal dari tumbuhan maupun hewan. Fungsi mineral bagi tubuh Antara lain: 
  • Bahan pembentuk berbagai jaringan tubuh, misalnya tulang, gigi, rambut, kuku, kulit dan sel darah merah. 
  • Sebagai bahan pengatur, misalnya keseimbangan keasaman cairan tubuh, proses penggumpalan darah dan membantu proses metabolisme dalam tubuh. 
Untuk lebih memahami tentang macam-macam mineral dan fungsinya, perhatikan table di bawah ini. 
 
Tabel 1.2. Mineral dan Fungsinya 

C. Rangkuman 

1. Zat makanan merupakan bahan-bahan yang diperlukan oleh tubuh supaya dapat tetap hidup. Makanan mempunyai berbagai fungsi, antara lain: 
a. Pertumbuhan dan perkembangan tubuh. 
b. Pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh yang telah  rusakatau tua. 
c. Pengaturan metabolisme tubuh. 
d. Penjaga keseimbangan cairan tubuh. 
e. Pertahanan tubuh terhadap penyakit. 
f. Penghasil energi. 

2.  Zat makanan terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, air, mineral dan vitamin.  


3. Karbohidrat dibagi menjadi tiga macam, yaitu: monosakarida,  disakarida, dan polisakarida,  

4. Protein harus diubah terlebih dahulu menjadi asam amino. Asam amino dibagi menjadi dua macam yaitu asam amino essensial dan asam amino nonessensial. 

5. Lemak akan diurai menjadi satu molekul gliserol dan tiga molekul asam lemak. Asam lemak dibedakan menjadi dua yaitu asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh. 
 

D. Penugasan Mandiri 

1. Makanan yang kita konsumsi harus mengandung zat makanan yang lengkap. 
a. Buatlah menu yang dapat mencakup seluruh zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh! 
b. Jelaskan fungsi zat makanan yang terdapat pada menu makanan tersebut? 
 
2.                                                          
Ekaperimen 
Uji Vitamin C  

a. Tujuan : untuk menguji kandungan vitamin C pada zat makanan 
b. Alat dan bahan 
Alat 
  • Mortal  
  • Pipet tetes 
  • Gelas kimia 
  • Plat uji makanan 
  • Batang pengaduk 
  • Pisau  
Bahan 
  • Yodium atau betadin 
  • Aquades 
  • Bahan makanan yang akan diuji 
c. Langjah kerja: 
  1. Larutkan ± 3 tetes yodium ke dalam 200 ml akuades.  
  2. Siapkan buah yang akan diuji, misalnya jeruk, pepaya, mangga, pisang, dan mentimun.  
  3. Lumatkan buah tersebut satu per satu dengan menggunakan mortal kemudian setelah halus masukan .pada plat uji makanan 
  4. Kemudian zat makanan yang terdapat pada plat uji makanan ditetesi dengan yodium  
  5. Amatilah perubahan yang terjadi.  
  6. Catatan: Sebagai acuan penelitian larutkan tablet vitamin C kemudian tetesi dengan larutan yodium.  
  7. Amati perubahan warna yang terjadi.  
Catatan: Yodium dapat diganti dengan betadhin 
 
d. Tabel Pengamatan 
 
e. Pertanyaan 
  1. Perubahan apakah yang terjadi pada larutan yodium tersebut?  
  2. Apakah perubahan akhir yang terjadi pada larutan-larutan tersebut?  
  3. Perubahan tersebut menunjukkan apa?  
  4. Cobalah lakukan percobaan tadi untuk buah-uahan lain yang ada di sekitar kalian dan catat hasilnya.  
  5. Buatlah laporan tertulis hasil eksperimen ini kemudian kumpulkan kepada bapak atau ibu guru 

E. Latihan Soal  

Pilihlah satu jawaban yang paling benar 

1. Perhatikan beberapa fungsi zat makanan berikut.  
  1. sumber energi  
  2. untuk pertumbuhan  dan perbaikan sel-sel tubuh  
  3. menjadi pelindung alat-alat tubuh  
  4. sebagai pembentuk enzim  
  5. menjaga suhu tubuh 
 Fungsi protein terdapat pada nomor . . . .  
A. 1) dan 2)  
B. 1) dan 5)  
C. 2) dan 4)  
D. 3) dan 4)  
E. 3) dan 5) 
 
2. Keuntungan mengkonsumsi makanan berserat adalah.... 
A. tidak cepat lapar 
B. menghasilkan banyak kalori 
C. cocok untuk penderita ulkus 
D. feses lebih keras 
E. lewatnya makanan jadi cepat 
 
3. Mineral yang berfungsi membantu pembekuan darah dan pembentukan matriks tulang adalah…. 
A. Besi 
B. Kalsium 
C. Magnesium 
D. Fosfor 
E. Yodiom 
 
4. Bahan makanan yang sejak dimulut telah dicernakan sacara kimia adalah .... 
A. Protein 
B. Vitamin 
C. Karbohidrat 
D. Lemak 
E. Mineral 
 
5. Makanan yang seimbang adalah makanan yang mengandung ….. 
A. Sodium klorida, susu, vitamin, karbohidrat, lemak, protein dan makanan kasar. 
B. Vitamin, minerat, glukosa, lemak, air, dan makanan kasar. 
C. Vitamin, mineral, karbohidrat, makanan tanpa lemak, protein, air 
D. Karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, serat nabati dan air 
E. Karbohidrat, lemak, protein, protein dan serat nabati 
 
6. Zat makanan yang menghasilkan energi tertinggi untuk satuan berat yang sama adalah…. 
A. Protein 
B. Karbohidrat 
C. Lemak 
D. Vitamin 
E. Serat kasar 

7. Tidak semua zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan akan mengalami pencernaan. Zat berikut apabila terdapat dalam bahan makanan tidak akan mengalami pencernaan adalah…. 
A. Amilum 
B. Vitamin 
C. Protein  
D. Karbohidrat 
E. Lemak 
 
8. Hubungan yang benar antara nama, sumber, dan fungsi vitamin berikut adalah…. 

Kunci Jawaban dan Pembahasan Latihan Soal 

1. A
Fungsi protein adalah: 
a. sumber energi atau bahan bakar tubuh; 
b. sebagai zat pembangun dalam pertumbuhan; 
c. berperan dalam sintesis zat-zat penting tubuh, seperti hormon dan enzim; 
d. perbaikan dan pemeliharaan jaringan tubuh. 

2. E
Serat dapat membantu lancarnya proses pencernaan, serat merangsang aktivitas saluran usus secara normal dalam mengeluarkan kotoran, serta menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

3. B Fungsi kalsium membantu dalam pembekuan darah, tanpa kalsium proses ini tidak akan terjadi dan pembekuan darah akan memakan waktu yang lama. kalsium juga berperan dalam pembentukan tulang. 

4. C
Pada proses pencernaan dimulut terdapat enzim ptialin yang berfungsi untuk mencerna makanan yang mengandung karbohidrat menjadi gula matlosa. 

5. D Sumber zat-zat gizi makro yaitu karbohidrat, lemak, dan protein, pola makan ber-Gizi Seimbang juga mencakup sumber zat-zat gizi mikro yaitu vitamin dan mineral; dan tentu termasuk air. Pola makan bergizi seimbang mengatur secara proporsional keragaman golongan makanan, baik dalam jenis maupun jumlah sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

6. C 
Penghasil energi utama bagi tubuh manusia adalah Lenak . Lemak tedapat pada makanan jika di hidrolisis akan menghasilkan 2 unit bahan sederhana yaitu asam lemak dan gliserol , sedang karbohidrat hanya bisa menhasilkan 1 unit senyawa glucosa dan begitu juga protein hanya menghasilkan 1 senyawa sederhana asam amino . agar jelas perbandingannya 1 gram karbohidrat . protein hanya menghasilkan 4, 1 kalori , sedangkan 1 gram lemak karena dua senyawa langsung bisa diurai menhasilkan 9, 3 kalori setiap gramnya. 

7. E 
Zat-zat makanan yang mengalami proses pencernaan adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Sebaliknya vitamin, unsurunsur mineral, dan air tidak mengalami pencernaan oleh enzim , vitamin, unsur-unsur mineral, dan air langsung bisa diakses oleh darah di usus halus tanpa pencernaan kimiawi. 

8. A
Vitamin B12 yang bersumber dari daging, unggas, ikan, telur, susu, keju, hati, udang, dan kerang berfungsi sebagai metabolisme sel dan pertumbuhan jaringan. 
 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggungjawab!    
 

Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Zat Makanan Mapel Biologi kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Zat Makanan File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • tugas biologi kelas 11
    • materi biologi tentang makanan
    • kunci jawaban uji kompetensi bab 6 biologi kelas 11
    • evaluasi biologi kelas 11
    • buku biologi kelas 11
    • lks biologi kelas 11
    • materi zat makanan
    • materi biologi kelas 11 semester 2