Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Mengidentifikasi Isi Surat Lamaran Pekerjaan Mapel Bahasa Indonesia kelas 12 SMA/MA

Materi Mengidentifikasi Isi Surat Lamaran Pekerjaan Mapel Bahasa Indonesia kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit seperti virus corona, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah kakak susun dari berbagai sumber yang relavan yaitu Materi Mengidentifikasi Isi Surat Lamaran Pekerjaan dari mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk adik adik kelas 12 SMA/MA. Selemat belajar!!

Materi Mengidentifikasi Isi Surat Lamaran Pekerjaan Mapel Bahasa Indonesia kelas 12 SMA/MA
Materi Mengidentifikasi Isi Surat Lamaran Pekerjaan Mapel Bahasa Indonesia kelas 12 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari modul pada kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan kalian dapat mengidentifikasi isi surat lamaran pekerjaan dengan kritis, cermat, dan bertanggung jawab agar kalian memiliki pemahaman tentang isi surat lamaran pekerjaan yang benar. 
 

B. Uraian Materi 

Tak terasa kalian sudah berada di penghujung kelas, kalian baru saja naik ke kelas dua belas. Pasti di antara kalian sudah memiliki rencana setelah lulus sekolah nanti. Mungkin, di antara kalian ada yang berkeinginan untuk langsung bekerja. Nah, apa saja persiapannya? Bagaimana caranya agar kalian dapat pekerjaan  sesuai dengan keinginan dan keahlian kalian.  
 
Ya, modul ini akan membantu kalian untuk mempersiapkan diri untuk sampai ke dunia pekerjaan. 
 
1. Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan 
 
Cermati contoh berikut ini! 
 
Medan, 18 April 2018 
 
Yth. General Manager PT Simalem Jaya 
Jalan Ujung Batu Rokan No. 30 Medan 
 
Dengan hormat, 
Setelah membaca iklan lowongan pekerjaan di surat kabar Medan Bisnis, pada tanggal 16 April 2018 yang menyatakan bahwa PT Simalem Jaya sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi Akuntan, Manager Marketing, dan Teknisi. Oleh karena itu, melalui surat ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi posisi Akuntan. Di bawah ini adalah identitas diri saya: 
nama  : Ginting Karo Rajasama 
jeniskelamin  :  Laki – Laki 
tempat, tanggal lahir :  Bandar Lampung, 1 Januari 1993 
pendidikan terakhir : Sarjana Ekonomi Universitas Medan Area 
alamat :  Jalan Medan Utara Medan No. 65 Sumatera  Utara 

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, bersama dengan surat lamaran ini saya melampirkan: 
1. pas foto terbaru 3 X 4, 2 lembar; 
2. fotokopi KTP; 
3. fotokopi Ijazah S1 dan transkip nilai; 
4. fotokopi sertifikat kursus/pelatihan; 
5. surat berkelakuan baik dari kepolisian; 
6. riwayat hidup;  
7. surat pengalaman kerja. 
 
Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya berharap untuk dapat diberikan kesempatan wawancara di waktu dan tempat yang Bapak/Ibu tentukan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya mengucapkan terimakasih. 
 
Hormat saya, 
Ttd 
Ginting Karo Rajasama 
 
Dari contoh yang telah disampaikan dapatkah kalian menemukan pengertian surat lamaran pekerjaan?  Ya kalian benar. Surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang membutuhkan pekerjaan kepada orang  atau pejabat yang bisa memberikan pekerjaan atau jabatan. Melalui surat lamaran ini, pelamar meminta supaya ia diberi pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan bisa juga diartikan dengan suatu surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan supaya karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan. 

Surat lamaran pekerjaan ini bersifat pribadi dan  formal ataupun resmi. Pribadi karena surat tersebut dibuat oleh seseorang, dan formal atau resmi karena menggunakan bahasa resmi. Surat lamaran pekerjaan bertujuan  untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun jabatan tertentu sesuai pada iklan yang ditawarkan. Surat tersebut dibuat oleh individu ditujukan kepada instansi tertentu dengan harapan dipenuhinya pekerjaan yang diinginkan. Surat lamaran pekerjaan juga bisa dikategorikan surat penjualan yang berhubungan dengan bagaimana pelamar menjual segala potensi diri kepada lembaga yang menyediakan lowongan pekerjaan. 

Dalam menyusunnya, pelamar dalam surat lamarannya perlu menyebutkan suatu sumber lamaran tersebut di alinea atau paragraf pembuka. Apabila lamaran itu tidak berdasarkan pada suatu sumber, tentu saja tidak diperlukan peenyebutan sumber pada alinea pembuka. 
 
2. Jenis-jenis  Surat Lamaran 
 
Setelah mengetahui pengertian surat lamaran pekerjaan kalian lebih mendalami lagi tentang jenis-jenisnya.  
Berdasarkan jenis pembuatannya, surat lamaran pekerjaan dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis. 
  • Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam cara ini, riwayat hidup termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan. Cara ini juga disebut dengan model gabungan. 
  • Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam cara ini riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini disebut model terpisah. 
Di dalam praktiknya, jenis yang sering dipakai adalah model terpisah. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, model ini lebih digemari oleh pelamar kerja karena suratnya tidak terlalu panjang. 
 
3. Unsur-unsur Surat Lamaran Pekerjaan 
 
Setelah kalian bias menentukan jenis surat lamaran pekerjaan yang akan kalian buat, sebaiknya kalian mengetahui unsur-unsurnya, dengan memahami unsurunsurnya kalian akan lebih memahami tentang surat lamaran pekerjaan. Unsurunsur penting di dalam surat lamaran pekerjaan adalah: 
a. Tesis 
Bagian surat diawali dengan pernyataan umum (tesis), yaitu bagian surat lamaran pekerjaan yang menyajikan pengantar surat pernyataan umum ini berfungsi sebagai informasi awal terkait dengan pekerjaan yang akan dilamar. Pada bagian Ini pelamar menyajikan informasi berupa salam pembuka, pembuka dan biodata. 
b. Argumentasi 
Argumentasi adalah bagian surat lamaran pekerjaan yang menyajikan  alasan bagi pemilik lowongan pekerjaan untuk menerima pelamar. Pada bagian ini pelamar menyajikan informasi berupa foto kopi ijazah, curikulum vitae, dan keterangan lain yang mendukung kompetensi pelamar. 
c. Penegasan 
Bagian surat lamaran pekerjaan yang berfungsi sebagai penutup, seperti harapan pelamar, salam penutup dan nama dan tanda tangan. 
 
4. Fungsi 
Bagian yang satu ini merupakan bagian penting. Apa sebenarnya fungsi surat lamaran pekerjaan? Fungsi utama dari surat lamaran pekerjaan adalah sebagai tanda tertulis/resmi pengajuan permohonan pekerjaan, karena dengan hadirnya surat lamaran kerja berarti permohonan tersebut sifatnya resmi dan tentu akan langsung diterima sebagai permohonan dan pertimbangan dalam menerima pelamar tersebut. a.  Sebagai Alat Komunikasi 
Fungsi ini merupakan salah satu fungsi dasar dari setiap surat. Karena setiap surat sudah dapat dipastikan akan mengandung informasi yang akan sangat diperlukan oleh pihak yang dituju. Dalam surat lamaran informasi yang dibutuhkan yaitu informasi mengenai data dan identitas pelamat. Dalam surat lamaran pekerjaan biasanya akan terlampir izasah, daftar riwayat hidup, foto copy KTP dan keterangan pengalaman pekerjaan. Semua informasi tersebut akan sangat diperlukan oleh suatu perusahaan atau instansi yang dituju sebagai bahan pertimbangan untuk menerima pelamar tersebut. Oleh karena itu bagi pelamar selalu perhatikanlah informasi dalam surat lamaran tersebut dan persiapkan semua prasyarat yang dibutuhkan. 
b. Sebagai Bahan Pertimbangan 
Ini sudah dijelaskan diatas bahwa dengan hadirnya sebuah surat lamaran kerja dan berbagi informasi mengenai identitas diri, merupakan kebutuhan untuk melakukan sebuah pertimbangan bagi perusahaan menerima pelamar yang tepat mengisi pekerjaan yang kosong. 
c. Sebagai tanda tertulis / resmi pengajuan permohonan pekerjaan 
Yang satu ini merupakan fungsi utama dari surat lamaran kerja, karena dengan hadirnya surat lamaran kerja berarti permohonan tersebut sifatnya resmi dan tentu akan langsung diterima sebagai permohonan dan pertimbangan dalam menerima pelamar tersebut. 

 C. Rangkuman 

  1. Surat lamaran kerja adalah surat yang dikirim oleh seseorang kepada instansi untuk mencari pekerjaan. 
  2. Jenis-jenis surat lamaran pekerjaan 
  3. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup dan surat yang dipisahkan dengan riwayat hidup. 
  4. Unsur-unsur surat lamaran pekerjaan adalah tesis, argumentasi dan penegasan. 
  5. Fungsi surat lamaran kerja sebagai alat komunikasi, bahan pertimbangan dan bukti melamar. 

D. Penugasan Mandiri  

Nah sekarang kalian sampai pada penugasan mandiri, semoga dengan kegiatan ini akan semakin memperdalam pemahaman kalian tentang surat lamaran pekerjaan. Silakan kalian mengerjakan dengan baik. 
 
Cermatilah surat berikut! 
Jakarta, 1 Agustus 2018 
Yth. Pimpinan Personalia PT. Seputar Ilmu di Jakarta 
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, 
nama : Zian Sahara 
tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 1 September 1988 
jenis Kelamin : Perempuan 
status : Belum Kawin 
agama : Islam 
pendidikan/Jurusan : S-1 Sistem Informatika 
alamat  : Bandung, Jln Adinegoro no. 4 
nomor Telepon/Hp  : 081204101105 (WA) 

Dengan ini menyampaikan suatu permohonan kepada Bapak/Ibu, agar kiranya dapat diangkat menjadi pegawai di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dengan jabatan sebagai stafkeuangan. 
Sebagai bahan suatu pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini Saya lampirkan : 
  1. foto copy Ijazah terakhir beserta transkrip nilai yang telah dilegalisasi masingmasing 1 (satu) lembar 
  2. pas photo yang berukuran 3×4 cm sebanyak 4 (empat) lembar. 
  3. foto copy Kartu Pencari Kerjayang telah dilegalisasi sebanyak 1 (satu) lembar. 
  4. surat keterangan kesehatan. 
  5. surat keterangan kelakuan baik. 
Demikian permohonan ini saya sampaikan, besar harapan Saya kiranya Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. 
Hormat saya, 
 
Ttd 
 
Analisislah bagian tesis, argument dan penegasan dalam surat tersebut! 

E. Latihan Soal   

Cermatilah penggalan surat berikut! 
Dengan Hormat. 
Sehubungan dengan adanya informasi lowongan kerja di BANK BNI Cabang Kota Bandung untuk bagian teller, maka dengan ini saya : 
nama : Sugeng Laksono  
jenis kelamin  : Laki - Laki 
tempat, tanggal lahir : Gunung Kidul, 9 Oktober 1995 
pendidikan terakhir : Sarjana Komputer Universitas Gajah Mada  
alamat asal : Jalan Gunung Kidul II, No. 41, Yogyakarta 
nomor telepon/HP : 08765432121 
 
1. Paragraf pembuka tersebut menandakan kalau sumber lamaran pekerjaan berasal dari…. 
A. Iklan koran 
B. Permohonan instansi 
C. Pengumuman 
D. Informasi seseorang 
E. Inisiatif sendiri 
 
2. Bagian surat tersebut merupakan…. 
A. Pengantar 
B. Tesis 
C. Argemantasi 
D. Penegasan 
E. Isi 
 
3. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, bersama dengan surat lamaran ini saya melampirkan: 
1. pas foto terbaru 3 X 4, 2 lembar; 
2. fotokopi KTP; 
3. fotokopi Ijazah S1 dan transkip nilai; 
4. fotokopi sertifikat kursus/pelatihan; 
5. surat berkelakuan baik dari kepolisian; 
6. riwayat hidup;  
7. surat pengalaman kerja. 
Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya berharap untuk dapat diberikan kesempatan wawancara di waktu dan tempat yang Bapak/Ibu tentukan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya mengucapkan terimakasih. 
 
Bagian surat tersebut merupakan…. 
A. Pengantar 
B. Tesis 
C. Argemantasi 
D. Penegasan 
E. Isi 
 
4. Perhatikan kalimat berikut! 
Berdasarkan surat lamaran pekerjaan yang saudara kirim, kami beritahukan bahwa saudara diterima untuk bergabung dengan perusahaan kami.  
Kalimat tersebut merupakan…. 
A. Pembukaan surat balasan pekerjaan 
B. Surat balasan pekerjaan 
C. Penutup surat balasan 
D. Isi surat balasan pekerjaan 
E. Ucapan selamat dari perusahaan  
 
5. Cermatilah penggalan surat berikut! 
Berhubung Anda belum memenuhi syarat, permintaan Anda terpaksa kami tolak. 
Kalimat perbaikan isi surat di tersebut adalah…. 
A. Mohon maaf permintaan Anda kami tolak karena Anda tidak memenuhi syarat. 
B. Permintaan Anda kami tolak keburu diisi orang lain. 
C. Maaf permintaan Anda kami tolak karena Anda tidak lolos uji administrasi. 
D. Sayang permintaan Anda kami tolak karena tidak memenuhi syarat. 
E. Maaf permintaan Anda kami tolak. 
 
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN  
1.  C
Dilihat dari kalimatnya, bersumber dari pengumuman. 
2. B
Bagian tersebut merupakan tesis atau bagian umum surat. 
3. C
Surat lamaran pekerjaan merupakan surat permohonan yang memiliki agrumentasi untuk mendukung tesis yang ada. 
4. D
Kalimat tersebut merupakan isi yaitu pernyataan bahwa pelamar diterima di instansi tempat melamar pekerjaan. 
5. A
Alasan penolakan harus jelas dan menggunakan bahasa yang sopan. 

F. Penilaian Diri 

Setelah kalian belajar kegiatan belajar 1 berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Isilah dengan mencentang (V) pada refleksi diri terhadap pemahaman materi di tabel berikut! 
 
Tabel Refleksi Diri Pemahaman Materi   
Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dalam modul, ulang kegiatan belajar 1 dan 2, apabila diperlukan silakan kalian menghubungi guru atau teman sejawat untuk menyampaikan pembimbingan. Jangan putus asa untuk mengulang lagi! Dan apabila kalian menjawab “YA” pada semua pertanyaan, maka lanjutkan kegiatan pembelajaran selanjut 



Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Mengidentifikasi Isi Surat Lamaran Pekerjaan Mapel Bahasa Indonesia kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Mengidentifikasi Isi Surat Lamaran Pekerjaan File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh surat lamaran pekerjaan
      • kaidah kebahasaan surat lamaran pekerjaan
      • kegiatan 1 menentukan isi, sistematika dan kebahasaan surat lamaran pekerjaan
      • mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
      • sistematika surat lamaran pekerjaan
      • struktur surat lamaran pekerjaan
      • sistematika surat lamaran pekerjaan dan penjelasannya
      • catatlah hasil identifikasi terhadap isi dan kaidah kebahasaan surat lamaran pekerjaan
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022